Rumah Dubes Kamboja Ikut Terendam Banjir

Jakarta, 01/1 – Rumah dinas Duta Besar Kamboja untuk Indonesia di Jalan Kemang Timur V, Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan ikut terendam banjir akibat hujan yang turun di hari pertama Tahun Baru 2020, Rabu.

Lurah Bangka Novia Enita mengatakan banjir merendam rumah Dubes Kamboja setinggi kurang lebih satu meter.

Air yang berasal dari Luapan Kali Mampang tersebut merendam seluruh ruangan yang ada di rumah Dubes Kaboja tersebut, termasuk dapur dan perkarangan.

“Kami dapat laporan rumah Dubes Kamboja ikut terendam banjir, jam 08.00 kami sudah mengecek lokasi dan menawarkan bantuan evakuasi,” kata Novia.

Novia menyebutkan, lokasi rumah Dubes Kamboja tersebut berada persis di pinggir Kali Mampang yang tengah meluap akibat hujan.

Luapan Kali Mampang tersebut telah merendam kawasan Kemang Timur V yang terdapat pertokoan dan perkantoran.

Menurut dia, saat kejadian banjir, rumah dubes tersebut hanya ditempati oleh asisten rumah tangga dan petugas keamanan.

Dubes beserta keluarganya sedang berada di kampung halamannya di Kambobja untuk libur Natal.

“Dubesnya tidak ada di Indonesia, lagi pulang ke negaranya,” kata Novia.

Selain mengecek kondisi banjir, Lurah juga menawarkan bantuan evakuasi menggunakan perahu karet kepada asisten rumah tanggaDubes Kamboja tetapi ditolak dan memilih tetap menunggu di rumah.

“Mereka pilih tetap tinggal di rumah, karena instruksi pak Dubes mereka tidak boleh tinggalin rumah selama pak Dubes pergi,” kata Novia.

Di Kelurahan Bangka terdapat sembilan. RT dari empat RW yang terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dari satu meter hingga 1,5 meter.

Total ada sekitar 1.500 jiwa yang terdampak banjir, seluruh warga diungsikan ke sejumlah pos banjir yang telah didirikan di bebapa titik di Kemang. (ANTARA/AK)