Keluarga Kerajaan Inggris Dapat Pukulan Baru kala Harry dan Megan Berniat Mundur

LONDON, 10/1 — Niat Duke dan Duchess of Sussex untuk mundur dari kehidupan kerajaan mendominasi tajuk berita media Inggris pada Kamis (9/1). Pangeran Harry dan Meghan Markle mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana bekerja agar mandiri secara finansial serta akan membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara.

Keputusan itu diambil setelah “pertimbangan dan diskusi internal selama berbulan-bulan,” demikian bunyi pernyataan yang dirilis pada Rabu (8/1), meskipun mereka belum mencapai kesepakatan apa pun dengan Istana Buckingham.

Istana kemudian merespons dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa pembicaraan dengan Duke dan Duchess of Sussex masih “dalam tahap awal” dan “ini adalah masalah pelik yang penyelesaiannya akan membutuhkan waktu lama.”

Ratu kecewa karena Duke dan Duchess of Sussex tergesa-gesa mengumumkan “pesan pribadi” tersebut, yang menjadi pukulan kedua bagi Keluarga Kerajaan sejak Duke of York mundur dari tugas publiknya, seperti dilansir media Inggris Times.

Daily Mail menyebutnya “isu spesial kejutan kerajaan”, sementara harian Sun menamakannya “Megxit”.

Financial Times lebih berfokus pada keinginan pasangan itu untuk “mandiri secara finansial”.

Sejarawan kerajaan Kate Williams mengatakan akan sulit bagi Harry dan Meghan untuk menjalani hidup “normal”, karena ketertarikan media pada mereka akan bertambah setelah mereka mengambil langkah ini.

Oktober lalu, pasangan tersebut secara terbuka mengungkap pergumulan mereka saat menjadi sorotan media sejak bertunangan pada 2017. (Xinhua/yog)

Bagikan Melalui