Ajukan Tiga Kriteria Calon Wabup, Bambang AS Melejit

Mochamad Mochtar, tokoh PDIP Surabaya saat hadir di Rakernas, Jakarta

TULUNGAGUNG—Di tengah maraknya operasi tangkap tangan (OTT) KPK belakangan ini, kini dibutuhkan figur pemimpin yang memiliki integritas dalam pemberantasan korupsi. Termasuk masyarakat Tulungagung, tengah mendambakan figur yang bersih dan berprestasi untuk mengisi jabatan Wakil Bupati (wabup) Tulungagung sebagai pendamping Bupati Maryoto Birowo.

Penegasan itu disampaikan salah seorang tokoh pemuda Tulungagung Hariyadi. Menurut dia, setidaknya ada tiga kriteria yang mesti dimiliki calon penghuni kursi AG2 (sebutan lain wabup). Pertama, mampu membuktikan bahwa dirinya selama ini mempunyai komitmen dalam pemberantasan korupsi. Menurut dia, hal itu menjadi syarat mutlak lantaran OTT KPK pernah menyasar ke kota marmer. Kedua, memiliki kapasitas dan kredibilitas guna membangun dan memajukan Tulungagung.

 “Karena itu dibutuhkan yang berpendidikan tinggi. Meskipun tingkat pendidikan tidak semuanya menjamin kesuksesan seorang pemimpin. Tapi bekal pengetahuan dan wawasannya yang luas bisa digunakan untuk memajukan Tulungagung,”  beber Hariyadi.

 Adapun yang ketiga adalah figur yang sesuai dengan karakter masyarakat Tulungagung. Yakni sosok yang sopan dan santun, seperti budaya timur. “Menurut saya, Pak Bambang AS yang cocok untuk ini (wabup). Selain pendidikan tinggi dan orangnya yang santun, juga punya integritas terhadap pemberantasan korupsi,” tambahnya.

Hariyadi

Belakangan ini, peluang Bambang AS dalam pengisian kursi Wakil Bupati Tulungagung memang tengah melejit. Dukungan terhadap mantan Kepala SMPN 1 Tulungagung ini terus mengalir. Sebelumnya, tokoh pendidikan Tulungagung Imam Sujono menilai Bambang AS figur yang pas menduduki jabatan Wakil Bupati Tulungagung. Sosok Bambang AS  memiliki track record yang baik di dunia pendidikan. Saat menjabat LPMP Jatim, lembaga itu mendapatkan penghargaan WBK (wilayah bebas korupsi). “Beliau itu orang yang kalem namun bijak. Sudah barang tentu ketika beliau menduduki jabatan, beliau tidak gegabah dalam mengambil keputusan,” kata Imam.

Di kalangan mahasiswa, Bambang A.S dianggap sosok yang menginspirasi. Itu karena program revolusioner di bidang pendidikan yang pernah dicapai. “Jika dilihat track record-nya sangat membanggakan utamanya di dunia pendidikan. Saya meyakini, Pak Bambang AS bisa meningkatkan sumberdaya peserta didik di Tulungagung menjadi unggulan di kancah nasional,” ungkap Ketua BEM STKIP PGRI Tulungagung, Inna Zeniuswin.  

 Sementara itu, tokoh PDIP Mochammad Mochtar juga menyebut Bambang AS sebagai figur yang tepat mendampingi Bupati Maryoto Birowo. “Pak Bambang itu orang baik, jalannya benar. Beliau punya pemikiran maju dan sudah terbukti banyak prestasi. Beliau juga, Insya Allah, mampu menata Tulungagung menjadi maju, berwibawa dan bersih dari korupsi,” tutur pria yang juga tokoh reformasi Surabaya ini. (sir/yog)