Samanhudi Pindah ke Lapas Blitar, Hendry Kini di Atas Angin

BLITAR – Calon Wali Kota Blitar Hendry Pradipta Anwar mendapat angin segar, seiring kepindahan M Samanhudi Anwar, mantan Wali Kota Blitar dari Lapas Medaeng Sidoarjo ke Lapas Blitar. Sukses memimpin Kota Blitar hampir dua periode dengan jargon APBD pro rakyat, wajar jika Samanhudi masih memiliki loyalis cukup banyak dan solid yang bisa digunakan mendulang suara pada pilkada mendatang.   

Kabar Samanhudi ‘pulang’ ke Blitar pekan lalu memang cukup mengejutkan. Tak hanya bagi loyalis Samanhudi saja namun juga lawan politik Hendry Pradipta Anwar, putra Samanhudi Anwar. Akhir 2019 lalu memang sempat beredar kabar jika Samanhudi bakal pindah ke Lapas Kediri. Tapi faktanya, terpidana kasus suap SMPN 3 blitar itu justru pindah ke Lapas Blitar. “Jelas kaget karena kabar sebelumnya akan pindah ke Kediri. Itu pun belum pasti, jadi atau tidak,” ungkap salah seorang tim sukses Hendry Pradipta Anwar yang enggan namanya disebut.

Kepindahan Samanhudi ke Blitar disambut gembira oleh tim sukses Hendry-demikian Hendry Pradipta Anwar biasa disapa. Karena sosok Samanhudi bisa memberikan efek besar bagi peta politik di Kota Blitar. Bahkan, Hendry kini sedang di atas angin karena mendapatkan suntikan tambahan amunisi. “Kami sangat gembira Pak Samanhudi pulang ke Blitar. Kami tambah semangat memperjuangkan Mas Hendry,” tambahnya.

Namun, pandangan berbeda disampaikan Leo Sudilaksono, Ketua DPD PKS Kota Blitar. PKS yang rencananya akan mengusung Hendry Pradipta Anwar ini justru menepis jika kepindahan Samanhudi ke Blitar merupakan manuver politik.

Pilkada banyak dinilai publik sebagai upaya maneuver politik. Menepis anggapan tersebut, PKS selaku salah satu partai koalisi yang rencananya mengusung Hendry Pradipta Anwar, enggan mengaitkan perpindahan tersebut sebagai maneuver politik. Menurut Leo, yang menjadi alasan kepulangan mantan wali kota itu merupakan haknya secara pribadi, bukan lantaran kepentingan politik.

“Saya melihatnya dengan kondisi yang berbeda. Tidak terkait pilkada,    kepulangan beliau itu merupakan haknya. Beliau mempunyai hak untuk itu dan itu dikabulkan oleh Kemenkumham, saya kira itu berbeda,” kata Leo, Senin 17/2.

Ditanya perkembangan terkait Pilkada? Leo mengatakan bahwa PKS sedang memantabkan dukungan kepada Hendry. Beragam survei dan sosialisasi ke internal partai terus dilakukan sembari menunggu rekomendasi DPP PKS turun. “PKS dalam hal ini berkomunikasi (terus) dengan siapapun dalam menyampaikan visi misi pembangunan Kota Blitar,” ujar Leo. (bar/yog)

Bagikan Melalui