Lazio Gusur Juve dari Puncak setelah Tundukkan Bologna “Dibantu” VAR

Jakarta – Lazio menggusur Juventus dari puncak klasemen Liga Italia setelah menundukkan tamunya Bologna dengan skor 2-0 dalam laga pekan ke-26 Liga Italia yang sempat diwarnai “bantuan” VAR bagi tuan rumah di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu.

Luis Alberto dan Joaquin Correa mencetak gol-gol kemenangan Lazio, sedangkan VAR dua kali menganulir gol yang dicetak Bologna, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kemenangan itu membuat Lazio kini bercokol di puncak klasemen dengan koleksi 62 poin, menggusur Juventus (60) yang harus menunggu hingga pekan depan lantaran pertandingan mereka kontra Inter Milan (54) menjadi salah satu laga yang ditunda pekan ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

Berkesempatan naik ke puncak klasemen, Lazio berusaha menggebrak sejak sepak mula dan berhasil memetik hasilnya pada menit ke-18 saat tembakan jarak jauh Luis Alberto gagal diantisipasi kiper Lukasz Skorupski.

Tiga menit kemudian, Lazio menggandakan keunggulan mereka saat Correa menyelesaikan umpan Luis Alberto dan kembali memaksa Skorupski memungut bola dari dalam gawangnya lagi.

Keunggulan Lazio bertahan hingga turun minum di tengah upaya keras Bologna mengejar ketertinggalannya.

Pada menit ke-52 Stefano Denswil berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang tuan rumah, tetapi wasit Rosario Abisso menganulir gol tersebut setelah VAR memvonis terlebih dulu terjadi pelanggaran handball oleh bek Bologna tersebut.

VAR kembali merusak perjuangan Bologna pada menit ke-67 ketika menganulir gol Takehiro Tomiyasu lantaran Rodrigo Palacio dinilai berada dalam posisi offside kala serangan berlangsung.

Ciro Immobile hampir melanjutkan tren positifnya dalam mencetak gol untuk menambah keunggulan Lazio pada menit ke-76, tetapi tembakan jarak jauhnya bisa diamankan olek Skorupski.

Pun demikian, Immobile patut bersuka cita bersama rekan-rekannya sebab kemenangan 2-0 sudah mengantarkan mereka untuk sementara menduduki puncak klasemen Liga Italia. (ANT/YOG)

Bagikan Melalui