China Sukses Lakukan Operasi Transplantasi Paru- Paru Pasien Covid-19

HANGZHOU –  Tim dokter di Provinsi Zhejiang, China timur, berhasil menyelesaikan operasi transplantasi paru-paru ganda pada pasien penderita coronavirusbaru (COVID- 19), demikian diungkapkan Rumah Sakit Afiliasi Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang pada Senin (2/3).

Operasi pada pasien COVID-19 yang berusia 66 tahun itu dilakukan pada Minggu (1/3) oleh tim medis yang dipimpin Liang Tingbo, ahli bedah terkemuka bidang transplantasi organ di China sekaligus ketua Partai Komunis China di rumah sakit tersebut.

Paru-paru itu didonorkan oleh seorang pendonor asal Provinsi Hunan, China tengah, dan dibawa lewat transportasi udara ke Hangzhou.

Pasien wanita tersebut didiagnosis terinfeksi COVID-19 pada 31 Januari, lalu dipindahkan dari rumah sakit lokal di Hangzhou pada 2 Februari ketika kondisinya semakin memburuk. Beberapa hasil tes asam nukleat menyatakan dirinya negatif setelah menjalani operasi trakeostomi (kanul trakea) pada 3 Februari, serta bantuan oksigenasi membran ekstrakorporeal dan pengobatan pada 16 Februari. Namun, pasien itu menderita disfungsi paru-paru yang sudah tidak dapat diobati.

Saat ini, pasien sudah berada dalam kondisi stabil dan paru-paru yang ditransplantasikan teroksigenasi. (Xinhua/YOG)