Penalti Messi Antar Barcelona Kembali ke Puncak

Jakarta – Tendangan penalti yang dieksekusi Lionel Messi mengantarkan Barcelona untuk sementara ke puncak klasemen Liga Spanyol setelah menang 1-0 atas tamunya Real Sociedad di Stadion Nou Camp, Minggu dini hari WIB.

Hadiah tendangan 12 pas itu diperoleh Barcelona pada menit ke-79 setelah wasit Juan Martinez Munuera berlama-lama meninjau tayangan ulang VAR atas insiden dugaan pelanggaran handball Robin Le Normand di dalam kotak penalti Sociedad.

Mikel Oyarzabal yang memprotes keputusan itu diganjar kartu kuning oleh wasit dan Messi yang menghadapi bola dengan tenang menghujamkan bola ke pojok kanan atas tak terjangkau kiper Alex Remiro.

Sebelumnya, Martin Braithwaite sempat menyarangkan bola ke gawang Sociedad pada awal laga, tetapi dia terlanjur dalam posisi offside ketika Jordi Alba mengirimkan umpan terobosan.

Sebaliknya, kendati lebih banyak ditekan oleh tuan rumah, Sociedad memperoleh peluang sangat berbahaya pada menit ke-75 saat Martin Odegaard mengirim umpan matang kepada Alexander Isak, namun penyelesaian Isak melenceng tak tentu arah.

Setelah Barcelona unggul, Alba sempat menyarangkan bola ke gawang Sociedad lagi pada menit keenam injury time setelah menyontek umpan tarik Ansu Fati, tetapi dianulir VAR lantaran Fati lebih dulu offside saat Messi mengirim umpan terobosan.

Kemenangan 1-0 sudah cukup mengantarkan Barcelona ke puncak klasemen dengan meraih 58 poin. Tetapi posisi ini belum aman karenaReal Madrid (56) bisa menyalipnya kembali jika menang pada pertandingan esok Senin dini hari WIB.

Sedangkan bagi Sociedad (43) hasil itu membuat mereka tertahan pada urutan keenam klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol. (ANT/YOG)  

Bagikan Melalui