TULUNGAGUNG – Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim Bambang Agus Susetyo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di seluruh sekolah menengah kejuruan (SMK) baik swasta dan negeri untuk memastikan pelaksanaan UN di Tulungagung berjalan dengan lancar.

 Sidak yang dimulai pukul 07.30 WIB, BAS-Bambang Agus Susetyo populer dipanggil-didampingi  Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Solikin, serta Kepala PGRI Tulungagung Sugiarno. Mengenakan batik dengan kombinasi celana hitam, BAS juga memberikan semangat kepada para siswa yang melaksanakan UN. “Saya yakin kalau para siswa mampu mengerjakan UN dengan baik. Persiapan sekolah menyiapkan pelaksanaan UN juga sudah baik,” ungkap BAS usai sidak , Selasa (17/3)

Pria yang pernah menjabat Kepala SMPN 1 Tulungagung ini menjelaskan, sidak yang dilakukan kali ini bersifat monitoring. Baik dari segi kesiapan siswa maupun pihak sekolah selaku penyelenggara ujian. Dari hasil monitoring, terlihat semua siswa baik swasta maupun negeri tampak lihai menggunakan perlengkapan yang sesuai standar ujian nasional. Tak satupun terlihat kesusahan atau mengalami kendala. “Tidak ada kendala. Semua mengerjakan dengan lancar,” jelas BAS.

Sementara itu, Kepala PGRI Tulungagung Sugiarno menambahkan, meski tak ada gangguan, pihak dinas maupun sekolah tetap menyiapkan antisipasi dengan genset hingga laptop lain. Hal ini untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba terjadi kendala. “Antisipasinya pasti ada. Mulai dari jenset, laptop  buat jaga-jaga,”  ucap Sugiarno.

Menurut dia, sidak tak hanya akan dilanjut untuk siswa SMA pula. Hanya saja, pihaknya hingga kini tak tahu kapan kegiatan tersebut dilakukan. “Kita akan koordinasikan lagi,” jelasnya.(sir/yog)