TULUNGAGUNG – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga tengah menyiapkan juknis pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020 yang akan berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tulungagung Haryo Dewanto Wicaksono menyatakan untuk jalur zonasi tidak ada masalah. Namun bagi jalur prestasi dan non akademik masih akan dirumuskan kebijakan dengan Perbup.  Soal bagimana tata cara PPDB di tengah situasi pandemi Covid-19, pihaknya menunggu instruksi lanjutan dari pemerintah pusat. “PPDB kalau sesuai juknis dengan Pemerdikbup Nomor 44 tahun 2020, sudah kita laksanakan. Namun karena ini di tengah pandemi nanti ada keterangan lanjutan dari menteri. Bagaimana pelaksanaannya, ya itu masih perlu dikaji,” jelasnya.

Yoyok-demikian dia biasa disapa-menjelaskan, soal kelulusan dan kenaikan kelas siswa, mengacu surat edaran menteri Nomor 4 tahun 2020. Sehingga kelulusan siswa bisa dinilai dari portofilio, rapor. Yoyok menambahkan, semua penilaian yang menyangkut kelulusan siswa diserahkan kepada sekolah, lantaran yang tahu kualitas siswa adalah pihak sekolah.

Dengan begitu, ujian-ujian sekolah pada semester ganjil tahun 2020 ini, semuanya ditiadakan guna mencegah penyebaran Covid-19. “Ujian tidak ada. Gantinya ya portofolio itu,” jelas Yoyok.(sir/yog)