Timnas Indonesia Jalani ‘Rapid Test’ Begitu Berkumpul Di Jakarta

Jakarta, 24/7 – Seluruh pemain, pelatih dan ofisial tim nasional senior dan U-19 Indonesia menjalani tes cepat (rapid test) COVID-19 begitu berkumpul di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (23/7).

“Sesuai arahan ketua umum PSSI, hari ini kami melakukan pemeriksaan rapid test kepada seluruh pemain dan ofisial timnas Senior dan U-19. Uji itu berjalan dengan lancar dan baik,” ujar dokter PSSI Syarif Alwi, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat.

Hasilnya, semua orang yang diperiksa nonreaktif COVID-19.

Namun, sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19, timnas senior dan U-19 akan menjalani tes usap pada Jumat (24/7).

“Selanjutnya, besok, kami melakukan swab test kepada seluruh pemain dan ofisial,” tutur Syarif.

Salah satu pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC timnas, Ryuji Utomo menerima tes cepat dan usap tersebut sebagai hal lumrah karena memang protokol kesehatan harus diterapkan.

Bek yang bermain di klub Persija Jakarta itu pun antusias kembali berkegiatan di lapangan setelah sekitar empat bulan mesti berlatih di rumah karena pandemi COVID-19.

“Saya sudah tidak sabar menanti pemusatan latihan nanti. Sudah lama tidak merasakan rumput lapangan sepak bola. Tentu ini juga merupakan keinginan setiap pemain. Alhamdulillah bisa terpilih pada TC kali ini dan saya akan memberikan yang terbaik,” kata Ryuji.

Tim nasional dan U-19 Indonesia mulai menjajal lapangan pada Sabtu (25/7). TC itu dijadwalkan berlangsung sampai 8 Agustus 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Meski peluang lolos ke putaran ketiga sudah tertutup, PSSI ingin timnas mendapatkan hasil terbaik demi mendongkrak peringkat FIFA.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Skuat ini diproyeksikan menjadi timnas U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

(ANT/ZA)

Bagikan Melalui