Tanamkan Budaya Baru,Pemdes Pakisrejo Gelar Lomba Disiplin Protokol Kesehatan

Blitar – Masa Pandemi Covid -19  tidak menyurutkan semangat  bagi  warga   masyarakat Desa Pakisrejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar dalam  memeriahkan  HUT Kemerdekaan ke -75 tahun ini dengan berbagai lomba. Salah satunya melalui lomba Gotong Royong Peningkatan Kedisiplinan Menjalankan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid -19 yang tingkat Rukun Tetangga (RT).

Kegiatan  lomba memeriahkan HUT RI Ke-75 sekaligus memperingat Hari Jadi Kabupaten Blitar Ke – 696 tahun merupakan   inisiatif Pemerintah Desa Pakisrejo yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat akan kecintaan terhadap bangsa dan negara juga menanamkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa selain untuk menanamkan hidup gotong royong percaya diri bisa melawan Covid-19.

Berbagai kegiatan itu yakni lomba kreatifitas menghias keindahan lingkungan seperti menata taman , Pos Kampling serta Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) masyarakat menjadi penilaian. “ Kegiatan ini kami kemas dalam bentuk lomba agar tercipta lingkungan bersih pola hidup sehat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.” Kata Marsono Kepala Desa pakisrejo. Selasa (25 /08/2020).

Lanjut Marsono, lomba diikuti 16 Rukun Tetangga ( RT) di 4 Rukun Warga (RW) dan untuk menentukan pemenang lomba panitia menyiapkan beberapa kriteria penilaian diantaranya kebersihan , keindahan , kokompakan.”, Harapan kami lomba ini bisa memotivasi dan mengedukasi warga pentingnya menjaga kebersihan agar tercipta masyarakat yang sehat tentunya selain indah.” Tutur Marsono.

Marsono menekankan dalam menghadapi Covid-19 harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh, gotong royong dan kerjasama pemerintah desa dan  masyarakat harus terjalin dengan baik. Dirinya meminta masyarakat tetap menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun, harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Hal itu semata-mata agar masyarakat  terbebas dari virus corona.

 “Membebaskan dari sebaran covid-19 bagian dari perjuangan memerdekan bangsa dari acaman krisis. Sebab, dampak pandemi covid-19, tidak hanya menimpa sektor kesehatan fisik, berdampak mental dan kejiwaan warga, bahkan menekan pertumbuhan sektor ekonomi, yang bisa memengaruhi kehidupan,” Ungkapnya

Pantauan Lintas7news.com Desa Pakisrejo nampak berbeda semenjak sepekan terakhir terlihat bersih indah tak ada sampah maupun kotoran yang ada ditepi jalan. Umbul – umbul  dan lampu – lampu hias mewarnai sepanjang jalan desa memeriahkan HUT RI Ke – 75. 

Darwoko Sekretaris Kecamatan Srengat menilai positif kegiatan lomba desa bertema gotong royong mendisiplinkan protokol kesehatan covid -19.” Baik sekali ini bisa ditiru desa desa lain  harapannya  disiplin protokol kesehatan sudah menjadi kebiasaan budaya baru di era new normal hingga pandemic covid-19 usai”. Ujarnya.(Panji/An)

Bagikan Melalui