Australia Tidak Khawatir Dengan Keputusan Astra Zeneca Hentikan Sementara Uji Coba Vaksin Covid-19

SYDNEY – Australia mengaku tidak khawatir dengan keputusan AstraZeneca untuk menghentikan sementara uji coba Vaksin Covid-19 mereka. Astra Zeneca menghentikan uji coba vaksin karena ada satu peserta mengalami sakit yang tak dapat dijelaskan.

Seperti di lansir dari sindonews.com, rabu, (9/9/2020). Deputi Kepala Medis Australia, Nick Coatsworth mengatakan, penghentian sementara uji coba ini tidak berarti bahwa pengembangan vaksin Covid-19 berakhir.

“Dengan informasi yang saya peroleh saat ini, saya tidak khawatir tentang hal itu. Penangguhan uji coba tidak berarti vaksin tersebut tidak tersedia,” ucapnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Rabu (9/9).

“Dalam beberapa hal, ini adalah hal yang sangat positif karena menunjukkan bahwa meskipun pengembangan vaksin dipercepat, keamanan adalah prioritas para peneliti dan peneliti klinis,” sambungnya.

Coatsworth mengatakan, Australia seperti banyak pemerintah lain telah berinvestasi dalam beberapa kandidat vaksin Covid-19, tidak hanya pada AstraZeneca. “Karena kami tahu tidak semua dari mereka akan lolos,” jelasnya.

Sebelumnya diwartakan, AstraZeneca menyatakan secara sukarela menghentikan tes untuk melakukan review data keselamatan oleh satu komite independen dan bekerja untuk melakukan review demi meminimalkan potensi dampak pada jangka waktu tes itu.

Vaksin yang dikembangkan bersama Universitas Oxford itu sendiri banyak dianggap sebagai salah satu calon vaksin untuk melawan Covid-19. Penghentian tes ini pun memudarkan harapan bahwa vaksin itu dapat dirilis akhir tahun ini seperti yang diungkapkan sebelumnya.(*)

Bagikan Melalui