Blitar, Lintas7news.com – Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kuliah kerja Nyata tahun 2020 bersama melawan Covid–19.

Seperti yang di lakukan mahasiswa KKN UMM di Desa Jatilengger Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar yang di mulai dari tanggal 24 agustus sampai 14 september 2020.

Meski masing-masing Mahasiswa membatasi mobilitas mereka. Agar masih bisa dapat mengabdi di tempat KKN di masa pandemi Covid-19, peserta KKN melakukan kerja kelompok mengedukasi masyarakat tentang pencegahan, penyebaran covid-19.

Mahasisa KKN UMM membagikan tempat air untuk cuci tangan, sabun dan masker. Selain itu melakukan pendampingan belajar bagi anak sekolah dasar mulai kelas 4 sampai kelas 6 yang di tempat di balai desa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

”kami berlima memberikan pendampingan belajar kepada anak-anak agar tidak bosan di rumah. Sehari 2 jam pertemuan di bagi 2 sesi dengan mematuhi fisical distancing dan bermasker.” Kata Arisri Eka Wati mahasiswa KKN UMM, rabu (09/09/2020), pagi.

Lebih lanjut Arisri menuturkan program pedampingan belajar itu di masa pandemi sangat berperan penting untuk pendidikan anak selama penerapan kebijakan sekolah dari rumah. Jumlah peserta didik yang mengikuti sekitar 30 anak terbagi menjadi 2 yang bertujuan untuk menghindari kerumunan.

“Pelaksanaan pendampingan belajar serta tetap  melakukan protokol kesehatan, anak-anak menggunakan masker secara rutin saat belajar, memakai handsanitizer serta menjaga jarak 1,5 meter.” tuturnya

Endik selaku Kepala Desa mengatakan keberadaan mahasiswa KKN UMM sangat membatu di masa pademi seperti, anak-anak merasa senang dengan pemdampingan belajar ini.

“ Di rumah anak sekarang merasa bosan saat belajar apalagi dengan metode belajar secara online membutuhkan kuota yang banyak, di balai desa kami siapkan fasilitas seperti internet wifi suasana yang nyaman agar anak-anak betah saat belajar,” terangnya.(Panji/AN)