Satu Tower Khusus Pasien Tanpa Gejala Di Wisma Atlet

Jakarta – Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, kini menyiapkan satu tower yang dinamakan Flat Isolasi Mandiri Kemayoran. Tower itu akan digunakan khusus untuk merawat pasien positif covid namun tanpa ada gejala.

Seperti di lansir dari suara.com, sabtu, (12/9/2020). Koordinator Satgas RS Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI (CKM), Tugas Ratmono, mengatakan tower yang digunakan itu ialah Tower 5. Tower tersebut berkapasitas 1.570 tempat tidur.

“Sore ini sudah kita siapkan dan siap untuk melayani pasien-pasien isolasi mandiri tersebut,” kata Tugas dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (12/9)

Meski berkapasitas seribu tempat tidur, bukan berarti seluruhnya masih tersedia. Sebab, bakal ada pasien positif tanpa gejala yang sebelumnya sudah dirawat di Tower 6 yang akan dipindahkan ke Tower 5.

Adapun jumlah pasien yang bakal dipindahkan itu sekitar 600 hingga 700 orang. Sehingga kapasitas yang masih tersedia ialah sekitar 50 persen lagi.

Sementara Tower 6 dan Tower 7 rencananya akan diisi oleh pasien positif dengan gejala ringan. Tempat itu akan diprioritaskan bagi tenaga medis terpapar yang bekera di rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta.

“Ini saya kira suatu upaya yang kita bisa tempuh untuk mengurangi dan mempersiapkan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid di DKI Jakarta,” pungkasnya.(*)

Bagikan Melalui