Kemenlu AS Kecam Eksekusi Juara Gulat Iran Navid Afkari

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) melemparkan kecaman keras atas eksekusi mati Navid Afkari oleh pemerintah Iran. Afkari adalah juara gulat yang dipuji publik Iran sebagai “pahlawan nasional”.

Sperti di lansir dari sindonews.com, minggu, (13/9/2020). Pompeo mengatakan, eksekusi mati yang mengejutkan dunia internasional itu adalah tindakan keji dan kejam dan merupakan serangan serius terhadap HAM.

“Eksekusi rezim Iran atas Navid Afkari adalah tindakan yang keji dan kejam. Kami mengutuknya dengan sangat kuat. Itu adalah serangan yang keterlaluan terhadap martabat manusia, bahkan oleh standar tercela rezim ini. Suara rakyat Iran tidak akan dibungkam,” ucap Pompeo, Minggu, (13/9).

Sebelumnya diwartakan, Afkari ditangkap dalam protes anti-pemerintah pada 2018. Dia dijatuhi dua hukuman mati, enam setengah tahun penjara dan 74 cambukan atas tuduhan pembunuhan seorang penjaga keamanan perusahaan air.

Saudara laki-lakinya, Vahid dan Habib, masing-masing telah dijatuhi hukuman 54 dan 27 tahun penjara.

Minggu lalu, televisi pemerintah Iran menayangkan video di mana Afkari tampaknya mengaku telah membunuh penjaga keamanan, tetapi pegulat dan dua saudara laki-lakinya telah merilis beberapa rekaman audio yang mengatakan bahwa mereka disiksa hingga membuat pengakuan palsu.

Ibu mereka juga mengatakan dalam rekaman video bahwa putranya telah disiksa untuk bersaksi melawan satu sama lain, dan bahwa salah satu dari mereka telah mencoba bunuh diri karena tekanan fisik dan psikologis di penjara.(*)

Bagikan Melalui