TEL AVIV – Israel menentang keras rencana penjualan jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS) ke Qatar. Hal itu disampaikan oleh Menteri Intelijen Israel, Eli Cohen.

Seperti dilansir dari sindonews.com (12/10/2020) Perbicara saat melakukan wawancara dengan Radio Tentara Israel, Cohen ditanya mengenai laporan bahwa Qatar telah mengajukan permintaan resmi ke Washington untuk membeli jet tempur F-35.

Cohen mengatakan, Israel akan menentang, mengutip kebutuhan untuk mempertahankan superioritas militer Israel di wilayah tersebut.

“Jawabannya adalah ya (menentang hal tersebut). Superioritas keamanan dan militer kami di kawasan adalah hal yang paling penting bagi kami. Wilayah kami masih belum berubah menjadi Swiss,” ucap Cohen, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (12/10/2020).

Sebelumnya diwartakan, sejumlah pejabat AS mengatakan Qatar telah mengajukan permintaan resmi untuk membeli jet tempur siluman F-35. Kesepakatan tersebut diyakini dapat membebani hubungan AS dengan Arab Saudi dan Israel.

Para pejabat tersebut mengatakan permintaan jet besutan Lockheed Martin Co telah diajukan oleh negara Teluk Persia itu dalam beberapa pekan terakhir.

” Sebagai masalah kebijakan, AS tidak mengkonfirmasi atau mengomentari penjualan atau transfer pertahanan yang diusulkan sampai mereka secara resmi diberitahukan kepada Kongres,” ucap seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS.(*)