Jelang Cuti bersama, Penumpang KA Diimbau Rapid Test H-1 Sebelum Berangkat

Jakarta – Tiket kereta api sudah dipesan menjelang libur cuti bersama sebanyak 7 ribu tiket lebih, pada 27-28 Oktober. kereta PT Kereta Api Indonesia (KAI) minta calon penumpang melakukan rapid test h-1 jadwal keberangkatan.

” Penumpang dihimbau agar melakukan rapid test H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid tes di stasiun,” ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, di kutip dari detik.com, Minggu (25/10/2020).

Calon penumpang tidak disarankan melakukan rapid test di hari yang sama dengan jadwal keberangkatan. Hal itu guna menghindari resiko tertinggal kereta mengingat banyaknya calon penumpang yang akan pergi berlibur.

Calon penumpang yang ingin rapid test harus memiliki kode booking tiket kereta yang sudah terbayar lunas.

“Rapid tes bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid tes. Di area Daop 1 Jakarta layanan rapid tes bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp85.000,” kata Eva.

Calon penumpang yang hasil rapid tesnya dinyatakan reaktif Corona tidak diperkenankan menaiki kereta. Pihak KAI akan melakukan pengembalian bea 100% diluar bea pesan.

“Disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut,” tuturnya.

Diketahui, pemesan tiket pada libur panjang cuti bersama, 27-28 Oktober, meningkat drastis. Pada tanggal 27 Oktober, sebanyak 7.270 tiket sudah dipesan. Sementara itu, 7.679 calon penumpang sudah membeli tiket pada 28 Oktober 2020. Namun, pemesan tiket dapat terus bertambah dikarenakan tiket juga dapat dipesan secara online.(*)

Bagikan Melalui