Antisipasi Cuaca Buruk Dari BMKG , Dishub Kabupaten Blitar Cek Perahu Penyeberangan Sungai Brantas

BLITAR- Menindaklanjuti data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait prediksi cuaca buruk selama beberapa hari ke depan. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar mengecek perahu penyeberangan Sungai Brantas. Pengecekan langsung oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar, Selasa (27/10/2020).

Pengecekan kali ini dilakukan di empat titik, diantaranya di Kunir Kecamatan Wonodadi, dua titik di Purwokerto Kecamatan Srengat, dan Selokajang Kecamatan Srengat.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Amir Barata memberi penjelasan. Pengecekan sudah dilakukan secara rutin. Hanya saja kali ini sebagai antisipasi cuaca buruk berdasarkan data dari BMKG dan lonjakan penumpang akibat libur panjang.

” Tadi saat kita cek, ada satu titik penyeberangan terdeteksi lumayan ramai. Sehingga kita datangi untuk mengingatkan SOP, keselamatan baik awak kapal maupun penumpang, serta memeriksa sarpras penanganan penyebaran Covid-19,” kata Amir usai pengecekan di Sungai Brantas bersama staff Dishub Kabupaten Blitar.” tuturnya

Dermaganya sudah mendapat bantuan dari provinsi maupun pusat, kondisi sungai brantas sedang pasang. Kemungkinan dihulu sedang terjadi hujan deras.

Amir menambahkan, jumlah penyeberangan Sungai Brantas di wilayah Kabupaten Blitar sekitar 16 titik. Dishub memastikan akan terus memantau titik penyeberangan tersebut. Dengan Protokol kesehatan juga diminta untuk dipatuhi, baik awak kapal maupun penumpang

” Tentunya kita ingatkan juga kalau air pasangnya sudah melebihi fase keselamatan, maka perahu penyeberangan harus berhenti beroperasi,” Tuturnya.(Panji/AN)

Bagikan Melalui