BLITAR – Sosialisasi protokol kesehatan 3 M, yang di lakukan siswa SD dan SMP Negeri Kota Blitar, dalam libur panjang ini, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Terhadap pencegahan penyebaran Covid-19. Mulai Kamis, 29 sampai 30 Oktober dan 1 November 2020.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan, sosialisasi dilakukan selama tiga hari, yakni Kamis, Jumat, dan Minggu. Sosialisasi ini, dilakukan disejumlah pasar tradisional dan wisata.

” Untuk siswa SD, dilakukan di wisata Kebon Rojo, PIPP dan Makam Bung Karno (MBK), dan Agrowisata Karangsari. Setiap tempat ada 5 – 10 siswa yang menjadi duta untuk sosialisasi. Siswa SD disejumlah wisata dimulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB.

” Kalau untuk siswa SMP dimulai pukul 07.00 sampai 07.30 WIB. Sasarannya pasar templek, pasar pon, dan pasar legi,” tuturnya. Kamis, 29 Oktober 2020.

Selanjutnya, Priyo, menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka sosialisasi dan membudayakan pelaksanaan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat, terutama membiasakan protokol 3 M.

Maka selama liburan, siswa SD dan SMP Negeri se Kota Blitar melakukan sosialisasi di pasar dan wisata yang menimbulkan keramaian.

” Tujuannya, agar siswa bisa menerapkan kebiasakan 3 M, serta bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, melalui media sosialisasi dari anak, lebih mengena biasanya.” jelasnya

Dalam menyampaikan sosialisasi, para siswa SD dan SMP ini dilakukan dalam berbagai bentuk. Ada yang memakai musik, membaca puisi, menggunakan media gambar, dan tulisan.” Tambahnya.(Panji/AN)