Blitar – Kebakaran kandang, yang menghanguskan enam Ribu ayam, dengan total kerugian mencapai 350 juta, terjadi di Dusun Blumbang, Desa Ngembul, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar. Jumat 30 Oktober 2020, sekitar pukul 04.25 WIB.

Pemilik kandang, Andy Wahyudi (41), mengatakan, ketika itu, saya mendapat telpon dari penjaga kandang, bahwa ada kebakaran, sontak saya kaget dan langsung menuju ketempat lokasi kejadian.

” Saat tiba, saya melihat kandang ayam sudah dalam keadaan terbakar. Menurut penjaga kandang, awal mula api datang dari barat atau kandang yang ada blower pemanas. Kandang ayam yang terbakar dalam keadaan terisi ayam kecil yang masih berumur tujuh hari dengan isi enam ribu ekor,” jelasnya

Humas Polres Kabupaten Blitar AKP Subechi menuturkan, Mengetahui kandang ayamnya terbakar,korban melaporkan ke Polsek Binangun. Kemudian dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Api berhasil dipadamkan dengan bantuan unit pemadam kebakaran. Ketika petugas tiba di TKP, kandang ayam masih dalam keadaan terbakar.

” Kemudian pemadaman dibantu oleh petugas pemadaman Damkar Kabupaten Blitar. Kandang ayam itu terbuat dari cagak cor, atap asbes, juga ada kayu maupun bambu. Untuk alas bambu atasnya diberi sekam padi dan pemanas api dari gas elpiji yang diblower,” tuturnya

AKP Subechi menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan TKP yang dilakukan oleh unit Inafis Polres Blitar. Didukung keterangan saksi-saksi, menyimpulkan kebakaran kandang diduga dari blower pemanas pada kandang ayam tersebut.(Panji/AN)