Pekan Depan Nakes Surabaya Akan Dapat Booster Vaksin Moderna

Lintas7News.com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan tenaga kesehatan (nakes) di wilayahnya akan segera mendapat suntikan ketiga atau booster vaksin Covid-19 Moderna. Rencananya vaksinasi booster para nakes tersebut dilakukan mulai pekan depan.

“Yang nakes kami enggak tau jumlah yang turun untuk Surabaya berapa. Tapi yang pasti, Moderna-nya kami gunakan (kepada) nakes yang memang ada di rumah sakit dan di Puskesmas,” kata Eri, Kamis (29/7).

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Eri memastikan pihaknya akan mendapat pasokan vaksin Covid-19. Diperkirakan pihaknya menerima sekitar 800 ribu dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca, Moderna dan Sinovac.

“Ada Sinovac, AstraZeneca, ada Vaksin Moderna. Moderna buat nakes,” kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan penyuntikan vaksin Covid-19 Moderna untuk nakes akan digelar pada pekan depan. Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan.

“Vaksin Moderna untuk nakes itu ada rencana pekan depan, Jakarta sudah melakukan. Saat ini masih mendata nakes,” kata Fenny, sapaan akrabnya.

Vaksin Moderna diprioritaskan untuk para nakes sebagai booster atau suntikan ketiga. Menurutnya, banyak nakes menjadi korban di tengah lonjakan kasus positif Covid-19.

“Moderna 48 ribu [dosis] buat SDM kesehatan. Fungsi booster imun, kenapa diberikan? Karena saat puncaknya Covid-19 banyak nakes tumbang,” ujarnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan sejauh ini pemerintah belum memutuskan golongan masyarakat non-tenaga kesehatan (nakes) yang akan menjadi penerima vaksin Covid-19 asal perusahaan farmasi Amerika Serikat, Moderna.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi memastikan sebanyak 4.500.160 dosis vaksin Moderna yang sudah tiba di Indonesia dalam dua kali kedatangan itu akan diprioritaskan untuk booster bagi para nakes di seluruh Indonesia.

“Belum diputuskan sasaran Moderna. Vaksin dosis tiga pakai Moderna saat ini khusus untuk nakes,” kata Nadia, Kamis (29/7).

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.