Keinginan Sandiaga Memperkenalkan Kuliner Lokal Lewat d’Or

Lintas7News.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik perwakilan chef Indonesia yang terpilih berlaga pada ajang kompetisi dunia Bocuse d’Or di Prancis. Dia berharap, kedua chef yang berangkat dapat sekaligus berperan menjadi duta kuliner Indonesia.

Hal itu diungkapkan Sandiaga saat melepas Chef Mandif Warokka dan Chef Muhamad Lutfi Nugraha mewakili Indonesia. Dia menegaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh para delegasi, mengingat kuliner adalah sub sektor ekonomi kreatif (ekraf) penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

“Saya ucapkan selamat dan semangat kepada tim Indonesia yang berhasil lolos mewakili Indonesia dalam kompetisi kuliner dunia, Bocuse d’Or. Dukungan kepada tim Indonesia ini merupakan wujud nyata bahwa Kemenparekraf mendorong kuliner yang kita miliki untuk bersaing di Bocuse d’Or,” kata Sandiaga.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Menyampaikan apresiasi atas semangat tim Indonesia mempersiapkan diri, Sandiaga mengungkapkan agar keikutsertaan Indonesia dalam ajang kuliner bergengsi itu dapat memperkuat sektor kuliner bangsa pada skala dunia.

Sehingga, kata Sandiaga, tak hanya tercapai target peningkatan ekspor kuliner, visi untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi kuliner dunia yang berdaya saing, berkualitas dan berkelanjutan pun dapat terwujud.

“Kalau kemarin ada Olimpiade Tokyo 2020, Bocuse d’Or ini dianggap sebagai olimpiade-nya bidang kuliner. Saya mengharapkan temen-temen bisa mengangkat keberagaman kuliner bangsa ke dunia,” ujarnya.

Menurut Sandiaga, sektor kuliner berpotensi dimanfaatkan sebagai media promosi pariwisata budaya dan keindahan Indonesia. Dengan demikian, sekaligus mendorong pemulihan sektor parekraf. Terlebih, Indonesia memiliki kekayaan kuliner begitu besar dengan rempah-rempah dan bahan makanan yang beragam hingga ada sekitar 5.300 jenis makanan khas Nusantara.

“Memang kita fokus di lima kuliner, yaitu rendang, gado-gado, soto, sate dan nasi goreng, tapi kita harus representasi diri kita melalui cita rasa Indonesia kepada bangsa lain di dunia. Ini adalah bagian dari gastro diplomasi Indonesia Spice Up The World,” ungkap Sandiaga.

Kepada chef perwakilan Indonesia, dia kemudian mengingatkan tentang branding Wonderful Indonesia yang terus digenjot. Menurut Sandiaga, cita rasa yang meninggalkan kesan tentang Indonesia akan turun ke hati menjadi cinta. Dengan rasa cinta itu, akan lahir keinginan untuk berkunjung dan mencintai pariwisata dalam negeri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim Indonesia, semoga dengan keikutsertaan Indonesia dalam Bocuse d’Or 2021 ini dapat memberikan hasil yang baik dan positif, serta memberikan semangat bagi kita agar optimis untuk keluar dari pandemi dan bisa mengatasi tantangan ekonomi,” ujar Sandiaga.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.