Berikut Manfaat Susu Jahe Untuk Kesehatan

Lintas7News.com – Susu jahe merupakan salah satu minuman sehat dengan sejumlah manfaat. Berikut manfaat susu jahe.

Jahe sendiri merupakan salah satu rempah populer yang menyehatkan. Rasanya sedikit pedas dan menimbulkan sensasi hangat.

Biasanya orang Indonesia mengonsumsi jahe untuk mengobati masalah pencernaan, bahkan dipercaya mampu menurunkan kolesterol.

Tanaman yang juga dikenal dengan Zingiber Officinale ini mengandung nutrisi dan komponen bioaktif yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan otak. Salah satunya gingerol.

Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe yang bermanfaat sebagai pengobatan.

Gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan kuat yang sering digunakan untuk mengatasi masalah perut seperti radang, mual dan muntah, diare, irritable bowel syndrome atau iritasi usus besar, dan kehilangan nafsu makan.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Para peneliti percaya zat kimia dalam jahe bukan hanya fokus bekerja di lambung dan usus, melainkan di otak dan sistem saraf dalam mengendalikan mual.

Selain itu, menambahkan jahe ke dalam segelas susu sama seperti lapisan gula pada kue. Susu memberi semua nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tubuh.

Berikut manfaat susu jahe yang sehat nan menghangatkan, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat susu jahe baik untuk daya tahan tubuh. Pasalnya, susu jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Karena jahe, tubuh Anda secara otomatis membunuh kuman berbahaya dan meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Antioksidan yang ada dalam susu jahe membantu melindungi diri dari radikal bebas yang ada di tubuh. Jadi, itu membuat Anda tetap sehat dan terlindungi.

2. Menyehatkan pencernaan

Jahe baik untuk sistem pencernaan. Ini melindungi tubuh dari sembelit, sakit perut, keasaman, asam lambung dan lainnya.

Senyawa fenolik dalam jahe dikenal mampu meringankan infeksi gastrointestinal (GI) atau dinding saluran pencernaan, merangsang produksi air liur dan empedu, dan menekan kontraksi lambung saat makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

Minum susu jahe setelah sarapan dapat menjauhkan Anda dari masalah terkait pencernaan.

3. Mencegah osteoporosis

Susu jahe membantu meningkatkan kekuatan tulang Anda secara alami.

Pasalnya, susu memiliki banyak kalsium, potasium dan magnesium, yang mencegah kelemahan tulang.

Lalu jahe yang ada di dalamnya membuat tulang Anda terhindar dari kelelahan yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan.

Hal ini yang membuat konsumsi susu jahe secara teratur setelah usia 40 tahun bantu menjauhkan Anda dari osteoporosis.

4. Meredakan sakit tenggorokan

Susu jahe memberi Anda kelegaanjika Anda menderita sakit tenggorokan. Pilek, flu, batuk biasanya mengundang infeksi tenggorokan yang membuat tenggorokan Anda sakit dan merasa sulit untuk makan minum bahkan berbicara.

Segelas susu jahe akan bantu melegakan tenggorokan Anda karena memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat susu jahe lainnya adalah bantu meningkatkan fungsi otak. Jahe mengandung antioksidan dan komponen bioaktif yang bisa menghambat peradangan pada otak.

Dalam beberapa penelitian, jahe bahkan dapat meningkatkan fungsi otak secara langsung.

Dalam studi yang dilakukan pada 60 wanita berusia lanjut, ekstrak jahe menunjukkan reaksi kerja otak yang positif dan mencegah penurunan fungsi otak yang diakibatkan penuaan, seperti alzheimer–penyakit yang disebabkan oleh penuaan dan penurunan fungsi otak.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.