Juara Tinju Dunia Ukraina Pulang Kampung Untuk Bela Negaranya

LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 21: Oleksandr Usyk shadow boxes during their media work out ahead of the WBA, WBO, IBF and IBO World Heavyweight Title fight between Anthony Joshua and Oleksandr Usyk at the O2 Indigo on September 21, 2021 in London, England. (Photo by Julian Finney/Getty Images)

Lintas7News.com – Petinju Ukraina, Oleksandr Usyk, memilih pulang kampung setelah mengetahui negaranya mendapat serangan dari Rusia sejak Kamis (24/2).

Ukraina dikenal sebagai salah satu negara produsen atlet-atlet tinju kenamaan. Sebut saja Klitschko bersaudara, Vitali dan Vladimir. Kini Usyk menjadi generasi penerus tinju Ukraina.

Usyk naik daun setelah mengalahkan Anthony Joshua pada pertarungan kelas berat dan berhak atas sabuk WBA, IBF, WBO, dan IBO pada duel yang berlangsung September 2021.

Sempat berada di Inggris untuk urusan pekerjaan beberapa hari lalu, Usyk kini sudah kembali ke Ukraina.

“Ada yang bilang saya melarikan diri. Tidak, saya tidak melarikan diri, saya sedang bekerja dan kini saya kembali. Saya ada di rumah,” kata Usyk.

“Kawan-kawan, kita harus bersatu karena situasi sulit saat ini dan saya begitu emosional dan khawatir dengan negara saya dan rakyat kami. Teman, kita harus menghentikan perang ini, kita semua bersama,” sambungnya.

Olahragawan-olahragawan dan mantan-mantan atlet Ukraina menyerukan perdamaian sejak beberapa hari lalu, namun mereka juga menyatakan kesiapan membela negara di tengah situasi yang mendesak.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Sebelumnya Vitali, yang kini menjadi Wali Kota Kiev, menyatakan siap angkat senjata menghadapi Rusia. Sementara sang adik, Vladimir juga disebut telah mendaftar masuk barisan militer pada awal bulan ini.

“Saat ini Presiden Rusia menggunakan retorika perang. Dia dengan jelas menyatakan ingin menghancurkan Ukraina dan kedaulatan rakyatnya,” ucap Vladimir.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.