Valentin Yumashev, Dilaporkan Mundur Dari Posisinya Sebagai Penasihat Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Lintas7news.com – Menantu mantan Presiden Boris Yeltsin, Valentin Yumashev, dilaporkan mundur dari posisinya sebagai penasihat Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Kabar itu disampaikan dua orang dekat Yumashev kepada Reuters. Yumashev merupakan deret oligarki yang pernah menjadi penasihat Putin secara sukarela tanpa bayaran.

Kepergiannya pun disebut menambah para oligarki Rusia di era reformasi kebebasan negara itu yang meninggalkan Putin.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Sebelumnya, tokoh seniior di era Yeltsin, Anatoly Chubais, juga mundur sebagai salah satu diplomat khusus Putin. Begitu diplomat Rusia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memilih mundur dari posisinya bulan ini.

Keputusan sejumlah pejabat senior dan para penasihat Putin disebut-sebut lantaran keputusan sang Presiden yang memerintahkan invasi ke Ukraina.

Juru bicara Kremlin, Dimitry Peskov, tidak merespons Reuters ketika dihubungi untuk menjawab kabar Yumashev mundur.

Deputi Pertama Direktur Eksekutif Pusat Yayasan Presidensi Boris Yelstin, Lyudmila Telen, menyatakan Yumashev telah mundur dari perannya di Kremlin pada april. Yumashev merupakan bagian dari yayasan itu dan termasuk dekat dengan Telen.

“Itu merupakan inisiatifnya sendiri,” tutur Telen menjawab pertanyaan alasan Yumashev mundur.

Heboh Dugaan Bungkus Indomie di Ukraina hingga Vanuatu Darurat Iklim

Salah seorang sumber lagi yang tak ingin diungkap identitasnya juga membenarkan bahwa Yumashev telah mundur dari perannya sebagai penasihat Putin.

Yumashev pernah menjadi staf ahli dan kepala staf Kremlin di era Yeltsin pada 1991 hingga 1999. Ia menikahi putri sang presiden kala itu, Tatyana.

Putin pernah menjadi wakil kepala staf Kremlin di bawah Yumashev yang memimpin sebagai kepala staf pada 1997. Posisi itu disebut-sebut menjadi batu loncatan bagi Putin untuk menjadi Presiden Rusia.

(CNNIndonesia/NB)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.