Pemerintah Gelar Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 di Toba Tahun Depan

Lintas7news.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan F1 H20 atau kejuaraan dunia perahu motor Formula 1 akan digelar di Indonesia.
“F1 H2O itu akan dilakukan nanti di Danau Toba pada Maret tahun depan, sekarang persiapan sedang dijalankan. Itu nanti mengimbangi MotoGP di Mandalika,” ujarnya di Hotel Mandarin Oriental, Jumat (15/7).

Luhut menjelaskan ini adalah salah satu langkah pemerintah untuk mengembangkan daerah pariwisata Danau Toba.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Melalui acara itu, ia berharap makin banyak wisatawan, terutama dari dalam negeri yang datang ke Sumatra Utara.

“Kita ingin turis domestik itu bisa 60-70 persen menjadi backbone industri kita, sehingga kalau terjadi seperti covid kemarin, kita jangan crowd-nya tuh sampe habis ke bawah, karena turis kita tuh sekarang setengahnya itu adalah asing,” jelasnya.

Ke depannya, Luhut juga ingin seluruh tempat wisata Indonesia termasuk Bali, dipenuhi oleh turis lokal. Dengan demikian, saat terjadi kondisi yang mengharuskan menutup pintu masuk dari negara lain, pariwisata dalam negeri tetap tumbuh.

“Nah kita nggak mau itu lagi. Sekarang kita ingin mix, tidak hanya turis saja, sehingga dengan demikian, resiliensi dari ekonomi kita makin lebih kuat lagi ke depan,” jelasnya.

Adapun lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia yang tengah dikembangkan adalah Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Danau Toba dan Likupang.

Untuk mengembangkan lima destinasi pariwisata super prioritas ini, pemerintah telah menyediakan anggaran Rp18,9 triliun hingga 2024.

(CNNIndonesia/NB)


Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.