Wali Kota Surabaya Cek IPAL Industri Buntut Sungai Kalidami Penuh Busa

Lintas7news.com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya melakukan pengecekan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pabrik di Kota Surabaya.

Hal itu menyusul peristiwa aliran Sungai Kalisari Damen Surabaya yang dipenuhi busa, Selasa (2/8) kemarin.`

“Saya minta juga diteliti, dicek pabriknya sopo ae [siapa saja]. Cek semua IPALnya,” kata Eri, Rabu (3/8).

Melihat peristiwa Sungai Kalisari Damen yang dipenuhi busa, Eri pun meminta agar semua pengelola pabrik memperhatikan kondisi kelayakan IPALnya masing-masing.

“Saya pastikan jangan sampai ada pabrik yang langsung membuang limbahnya ke dalam sungai. Karena pabrik itu wajib punya IPAL,” ucapnya.

Jika ada pabrik yang terbukti mencemari lingkungan di sungai di Surabaya, maka ia mengaku tak segan bakal mengambil tindakan tegas.

“Kalau sudah IPALnya itu dilanggar dalam perda sama perwali ada aturannya. Dia satu memperbaiki tidak boleh operasional, sampai tidak boleh membuang sambil dia operasional. Kalau sudah [diperingatkan] satu, dua, tiga gak di anu [diperhatikan] ya ditutup toh,” ujarnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Meski begitu, dia tak ingin menyimpulkan terlalu dini perihal sumber dan penyebab kemunculan busa di Sungai Kalisari Damen. Eri mengaku masih menunggu hasil pemeriksaan oleh DLH.

“Pasti dari perusahaan besar kalau sampai seperti itu. Tetapi kami juga tidak bisa menyimpulkan itu, kami juga kan punya azaz praduga tak bersalah. Teman-teman (DLH, red) harus cek dulu,” pungkas dia.

Seperti diketahui, Sungai Kalisari Damen, Mulyorejo, Surabaya, dilaporkan dipenuhi busa-busa. Seluruh badan sungai, pun berubah jadi seperti lautan salju, Selasa (2/8).

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.