Babat 2 Medali Emas, Afies Barerra Siap Menuju Seleknas SEA GAMES Kamboja 2023

Foto Afies Barerra Peraih Medali Emas PORPROV VII Jawa Timur 2022 dan International Pencak Silat Indonesia Open Championship

Foto Afies Barerra Peraih Medali Emas PORPROV VII Jawa Timur 2022 dan International Pencak Silat Indonesia Open Championship

Lintas7news.com, Blitar — Sabar, tenang, dan ikhlas: 3 magic words yang selalu menjadi prinsip seorang Afies Barerra Syaifillah.

Afies Barerra, seorang atlet pencak silat kelahiran 2001 yang berhasil menggemparkan The Land of Kings (julukan Kabupaten Blitar) dengan membabat 2 medali emas sekaligus di kelas B Dewasa Putra dalam kurun waktu 47 hari atau belum genap 2 bulan.

Afies Barerra (podium juara 1) saat upacara penutupan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022

Dirinya berhasil menyabet gelar Juara 1 kejuaraan bergengsi PORPROV VII (Pekan Olahraga Provinsi) Jawa Timur di Kabupaten Lumajang, pada 27 Juni-2 Juli 2022 sebagai perwakilan kontingen Kabupaten Blitar. Hanya selang 6 minggu, Afies juga berhasil menjadi Juara 1 dalam Kejuaraan International Pencak Silat Indonesia Open Championship dari kontingen Persinas ASAD Jawa Timur, pada 13-17 Agustus 2022.

“Kemarin itu dapat panggilan dari pusat. Lalu untuk persiapan jadwal latihan itu setiap hari, karena kabarnya juga mendadak. Tapi Alhamdulillah bisa maksimal,” ujar Afies.

Kendati demikian, Afies Barerra seorang remaja asal Desa Kesamben Kabupaten Blitar  ini mendapat proyeksi untuk mengikuti Seleknas (Seleksi Nasional) SEA GAMES Kamboja 2023 pada bulan Desember mendatang.

Baca juga: Siswa SMA Berhasil Sabet Juara International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022

Awal berlatih pencak silat Desember 2014, Afies Barerra belum berhasil mendapatkan gelar juara. Hal tersebut tidak membuat dirinya berhenti berjuang. Sulut semangat membara untuk berlatih konsisten setiap hari, kini membawa namanya tak asing lagi di dunia persilatan.

Kiprah perjalanan seorang Afies membuat dirinya sudah tidak diragukan lagi. Juara 1 Kejurprov (Kejuaraan Provinsi) Remaja Jawa Timur 2016, Juara 2 POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) Jawa Timur 2017, Juara 1 POPDA Jawa Timur 2018, dan Juara PORPROV Jawa Timur 2019. Kabar terkini dirinya tengah bergabung dalam Golden Silat Club.

“Target saya bisa mengharumkan nama Negara Indonesia,” pungkas Afies sambil tersenyum.

(oas)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.