Perayaan 1 Abad Perguruan Silat PSHT, Polres Madiun Perketat Penjagaan

Blitar, lintas7news.com – Kepolisian Resor (Polres) Madiun, Jawa Timur mengamankan 13 titik penyekatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Madiun guna mengantisipasi mobilitas massa dalam kegiatan puncak peringatan satu abad Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang berlangsung pada Jumat, (2/9).

Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo mengatakan pengamanan pada 13 titik penyekatan pintu masuk Kabupaten Madiun tersebut melibatkan personel gabungan dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD, dan instansi terkait.

“Selain pada 13 titik pos penyekatan, Polres Madiun juga menempatkan personel di beberapa titik kerawanan. Kita harapkan semua berjalan aman dan kondusif,” ujar Anton Prasetyo saat meninjau pos pengamanan dan pos penyekatan di Pos Nglames, Pos Exit Tol Madiun, dan Pos Nampu Saradan, Kamis (1/9).

Pihaknya memperkirakan pada peringatan satu abad PSHT akan ada ribuan anggota perguruan pencak silat tersebut dari berbagai wilayah di Jawa Timur dan luar provinsi mendatangi pusat padepokan yang berada di Jalan Merak, Kota Madiun.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Menurut Anton mobilitas massa tersebut rawan menimbulkan gangguan, baik kelancaran lalu lintas maupun kamtibmas.

Untuk itu, pihaknya meminta warga perguruan PSHT mematuhi komitmen bersama untuk mewujudkan wilayah Kampung Pesilat di Kabupaten Madiun dan Kota Pendekar Madiun tetap kondusif.

Kasatlantas Polres Madiun AKP  Firman Widyaputra menambahkan semua kendaraan baik roda dua, roda empat, maupun kendaraan umum akan dilakukan pemeriksaan jika melewati pos penyekatan yang disiapkan.

“Penyekatan dilakukan untuk kelancaran kegiatan satu abad PSHT agar berjalan lancar, kondusif, dan memfilter guna mengantisipasi adanya alkohol, senjata tajam, dan barang terlarang lain yang memicu konflik di wilayah Madiun,” kata Firman.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan peringatan satu abad PSHT berlangsung setelah perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 hijriah dan puncaknya berlangsung pada 2 September 2022.

Berbagai acara ditampilkan dalam perayaan puncak satu abad PSHT tersebut, mulai kirab, upacara peringatan, hingga pergelaran wayang kulit.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.