Hobi Checkout Belanja Online? Wajib Coba Frugal Living

Gaya Hidup Hemat Frugal Living

Gaya Hidup Hemat Frugal Living

Blitar, Lintas7news.com“The Frugal Life, and Why We Should Educate for It,” tulis Jhon White seorang profesor filosofi.

Tokoh terkenal yang bahkan memiliki kekayaan fantastis seperti Facebook Mark Zuckerberg, penyayi Lady Gaga, Leonardo DiCaprio, hingga Keanu Reeves ternyata menerapkan Frugal Living.

Tokoh terkenal yang menerapkan Frugal Living: Mark Zuckerberg pencipta Facebook (atas kiri), Lady Gaga seorang penyanyi (kanan atas), Leonardo DiCaprio aktor (kiri bawah), dan Keanu Reeves aktor (kanan bawah)

Minggu lalu publik dikejutkan oleh pengumuman Presiden RI terkait kenaikan harga BBM pada pukul 14.30 WIB (3/9). Fenomena kenaikan BBM ini, mengharuskan masyarakat untuk mampu mengelola finansial dengan baik. Apalagi kehidupan saat ini tidak terlepas dari perjalanan dan transportasi. Kendaraan yang dipakai pun membutuhkan bahan bakar.

Dikutip dari laman Kementerian Keuangan RI, bahwa Frugal Living adalah gaya hidup hemat atau irit terhadap pengeluaran agar dapat menabung lebih banyak.

Lalu bagaimana memulai gaya hidup Frugal Living dalam kehidupan sehari-hari:

Tidak Terpengaruh Tren

Ilustrasi Tren Citayem Fashion Week

Tren akan terus tercipta dari hari ke hari. Hidup hemat dalam Frugal Living kamu harus siap tanpa memperdulikan perkembangan tren yang tengah terjadi. Bahkan jika kamu termasuk konsumerisme, segeralah untuk setidaknya mengurangi. Frugal Living akan merasa nyaman dengan barang yang dimiliki walaupun tidak trendy.

Pahami Kebutuhan dan Keinginan

Ilustrasi Pilihan Melangkah untuk Kebutuhan atau Keinginan

Need or Want” (butuh atau ingin). Sering kali kita membeli sesuatu hanya karena keinginan untuk memiliki saja. Bahkan tak segan-segan untuk membeli barang secara random untuk mengikuti tren. Kamu perlu bijaksana dalam membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Penuhi apa yang kamu butuhkan agar bisa berhemat.

Kelola Pengeluaran Secara Teratur

Ilustasi Cara Mengelola Finansial dengan Menghitung dan Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Banyak uang akan membuat kamu berkeinginan untuk membeli semua yang kamu inginkan. Dalam Frugal Living, secara teratur harus mampu mengelola pengeluaran agar tidak membengkak melebihi pemasukan. Mengurungkan niat untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan akan membantumu menjadi hemat.

Beri Syarat Ketika Ingin Belanja

Ilustrasi Belanja

Agar kamu tidak lupa diri, alangkah baiknya kamu mempertimbangkan apa yang akan kamu beli. Apakah kamu sudah punya barang tersebut, apakah mendesak untuk digunakan sekarang, dan pengeluaran hari ini untuk apa sa

Gimana, sudah siap masuk kedalam gaya hidup Frugal Living? Tanpa perlu pikir panjang, segeralah terapkan gaya hidup ini. Dijamin finansialmu akan teratur dan kamu bisa memiliki tabungan banyak.

(oas)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.