Kalian Harus Tau!! Sederet Budaya dan Ciri Khas Kota Blitar

Ikon Kota Blitar: Patung Bung Karno

BLITAR, Lintas7news.com – Siapa nih yang belum tau Blitar??. Ya!! daerah yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur ini memiliki keragaman kebudayaan dan nilai-nilai sejarah yang sangat tinggi. Kota Blitar juga terkenal sebagai tempat dimakamkannya Sang Proklamator kita dan presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Kota Blitar juga memiliki berbagai macam julukan, di antaranya yaitu Kota Patria, Kota Peta, dan Kota Koi. Tentu saja hal ini mengacu pada nilai sejarah dan kebudayaan yang dimiliki oleh Kota Blitar itu sendiri. Nah, penasaran apa saja budaya dan juga ciri khas dari kota Blitar? Yuk, mari kita simak bersama!

Apa Saja Budaya Yang Ada di Kota Blitar?

Grebeg Pancasila

Tradisi Grebeg Pancasila Kota Blitar

Grebeg Pancasila merupakan sebuah tradisi budaya Kota Blitar untuk memperingati hari lahirnya Pancasila. Tradisi ini hadir atas gagasan dari para seniman serta para budayawan di Kota Blitar. Tujuannya untuk mengenang proses lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gong Kyai Pradah

Siraman Gong Kyai Pradah

Jamasan Gong Kiai Pradah atau Siraman Kiai Pradah merupakan bentuk perayaan tradisional di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kegiatan memandikan benda pusaka berupa sebuah gong dengan menggunakan air kembang setaman ini digelar setiap tanggal 12 Rabiul Awal atau bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad SAW.

Wayang Orang

Pertunjukan Wayang Orang

Wayang Wong atau yang disebut juga Wayang Orang mengacu pada istilah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut. Wayang orang termasuk sebagai salah satu bentuk seni karya sastra, karena di dalamnya terdapat unsur seni, seperti seni tari, seni musik, seni drama, dan seni suara. Hal yang menarik perhatian dari Wayang Orang ini yaitu pada setiap jeda pertunjukannya akan ada tarian kolosal yang dilakukan setiap pemainnya.

Berikut Ciri Khas Kota Blitar

Makam Proklamator Bung Karno

Ziarah Makam Bung Karno

Salah satu daya tarik terbesar bagi kota Blitar yaitu makam dari presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Makam yang didesain dengan arsitektur khas Jawa, yaitu bangunan joglo, tidak pernah sepi pengunjung. Makam Bung Karno selalu sukses menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing, yang penasaran dan ingin melihat bagaimana makam dan suasana dari presiden pertama Indonesia saat itu. Makam Soekarno kini merupakan objek ziarah politik, khususnya dari politisi yang akan mencalonkan diri dalam pemilu.

Istana Gebang

Komplek Istana Gebang

Istana Gebang atau juga dikenal dengan sebutan ndalem Gebang merupakan rumah tempat tinggal Orang tua Bung Karno. Rumah ini letaknya tidak jauh dari Makam Bung Karno kurang lebih 2 km ke arah selatan, tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar.

Monumen PETA

Monumen PETA Kota Blitar

Monumen Peta di Blitar dibangun untuk memperingati pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air) melawan tentara Jepang pada 14 Februari 1945 yang dipimpin oleh Soedanco Soepriyadi.

Monumen PETA Blitar dibangun di depan eks markas PETA, yaitu di Jl. S. Supriyadi, Kota Blitar. Monumen ini kini berada dalam kawasan SMP Komplek di Kota Blitar yang rencananya akan dijadikan Monumen PETA setelah sekolah di relokasi. Namun sampai saat ini belum diketahui kapan hal tersebut akan di realisasikan.

Candi Penataran

Candi Palah Penataran

Candi Penataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

Makam Adipati Aryo Blitar

Makam Adipati Aryo Blitar

Makam Aryo, merupakan sebuah makam dan petilasan dari Adipati Arya Blitar yang terletak di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo. Makam ini ramai dikunjungi pada bulan Suro (Muharram) dan juga setiap malam Jumat legi.

Aryo Blitar adalah adipati pertama di Blitar. Beliau merupakan salah satu tokoh yang berpengaruh pada pembangunan Blitar. Karena itu sampai sekarang makamnya banyak dikunjungi orang.

Itu dia budaya dan ciri khas dari kota Blitar yang pastinya sangat menarik perhatian sekali bagi para masyarakat lokal maupun di luar daerah Blitar. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi wawasan kamu atau jadi referensi kamu ketika berkunjung ke kota Blitar, ya!

(RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.