Google Doodle Hari Ini, Tampilkan Jerry Lawson

Jerry Lawson pelopor video game ditampilkan google doodle hari ini (Sumber: Tangkapan layar Google)

Jerry Lawson pelopor video game ditampilkan google doodle hari ini (Sumber: Tangkapan layar Google)

LINTAS7NEWS – Doodle hari ini merayakan ulang tahun permainan interaktif yang ke-82.

Gerald “Jerry” Lawson, salah satu bapak game modern yang memimpin tim yang mengembangkan sistem video game rumahan pertama dengan kartrid game yang dapat dipertukarkan.

Doodle menampilkan game yang dirancang oleh tiga artis tamu dan desainer game Amerika: Davionne Gooden, Lauren Brown, dan Momo Pixel.

Lawson lahir di Brooklyn, New York pada hari ini pada tahun 1940.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Bos Google sampai Boeing di AS, Jual Potensi RI

Dia mengutak-atik elektronik sejak usia dini, memperbaiki televisi di sekitar lingkungannya dan membuat stasiun radionya sendiri menggunakan komponen daur ulang.

Dia kuliah di Queens College dan City College of New York sebelum berangkat lebih awal untuk memulai karirnya di Palo Alto, California.

Pada saat itu, kota dan wilayah sekitarnya dikenal sebagai “Lembah Silikon” karena ledakan perusahaan teknologi baru yang inovatif yang didirikan di daerah tersebut.

Setibanya di California, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik.

Beberapa tahun kemudian, Lawson dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild di mana dia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F (“F” berarti kesenangan!).

Ini adalah konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda.

Channel F membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Baca Juga: Tips Pakai Foundation ala Cewek Korea Natural dan Glowing

Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild untuk memulai perusahaannya sendiri, VideoSoft salah satu perusahaan pengembangan video game paling awal milik Black.

 Perusahaan menciptakan perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid yang dikembangkan Lawson dan timnya.

Meskipun mereka tutup lima tahun kemudian, Lawson telah memantapkan dirinya sebagai pelopor dalam industri ini dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video game sepanjang sisa karirnya.

Pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya dalam dunia game.

University of Southern California juga menciptakan Gerald A. Lawson Fund untuk mendukung mahasiswa yang kurang terwakili yang ingin mengejar gelar sarjana atau pascasarjana dalam desain game atau ilmu komputer.

Pencapaian Lawson diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.**

(AP/OAS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.