Wilayah Terdampak Erupsi Semeru 4 Desember

Gunung Semeru kembali erupsi dan berstatus awas (Sumber: instagram @genpiblora)

LINTAS7NEWS – Gunung Semeru kembali menunjukkan aktifitas vulkaniknya pada Minggu (4/12), yang mengakibatkan beberapa wilayah juga merasakan dampaknya.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, salah satu wilayah yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru berupa hujan abu yaitu wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Meskipun demikian, tidak ada kerusakan yang diakibatkan oleh hujan abu Semeru. Menurut laporan Gunung Semeru mulai mengeluarkan awan panas guguran pada Minggu pagi pukul 02.46 WIB.

Camat Ampelgading Stefanus Lodewyk mengatakan, usai terjadi erupsi, hujan abu tipis terjadi di wilayah setempat. Namun, saat ini hujan abu vulkanis tersebut tidak terlihat karena hujan.

Ia menambahkan, kondisi terkini di wilayah Kecamatan Ampelgading, mendung dan hujan sudah mulai mereda. Tidak ada laporan kerusakan akibat erupsi gunung Semeru tersebut.

“Hujan abu sedikit sekali. Tadi dari salah satu desa ada laporan, abu di daun pisang, tapi aman dan tidak ada kerusakan. Laporan dari Desa Argoyuwono,” ungkapnya, dikutip dari ayobogor.com

Berdasarkan Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, awan panas guguran Gunung Semeru mempunyai kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.**

(RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.