Cara Agar Tubuhmu tetap Fresh Saat Berpuasa

Dehidrasi akan menyebabkan rasa haus yang berlebih,bibir kering,tubuh lemas, serta tidak buang air kecil. Atasi tubuh lemas saat berpuasa dengan cara ini.
(sumber:pixabay@Pheelings Media)

Bagikan Melalui

Asian woman drying sweat in a warm summer day

LINTAS7NEWS.COM – Ada beberapa orang yang mengeluh susah tidur saat berpuasa yang menyebabkan rasa lelah di siang hari, meski tidak berbahaya, tubuh lemas memberi pertanda dehidrasi dalam diri kita.

Dehidrasi akan menyebabkan rasa haus yang berlebih,bibir kering,tubuh lemas, serta tidak buang air kecil. Atasi tubuh lemas saat berpuasa dengan cara ini.

  • Susun pola tidur

Mengatur pola tidur juga merupakan kunci utama agar tidak lemas saat berpuasa. Oleh sebab itu jam tidur yang baik yaitu kurangi begadang saat malam serta tidur tidak kurang dari 4 jam setiap malamnya. Agar suasana tidurmu terasa nyaman kamu bisa mengatur suhu dan sedikit meredupkan lampu kamarmu.

Jika kamu masih merasa ngantuk, setelah sahur kamu bisa tunggu beberapa saat dan tidur lagimasksimal selama 20 menit.

  • Perhatikan pola makan

Pastikan setiap makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa mengandung nutrisi seimbang, termasuk karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang akan menjaga dan memperkuat imunitas tubuh serta mengatasi lelah saat puasa.

Beberapa jenis makanan yang bisa kamu pilih adalah daging, gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan tahu. Makanan ini tergolong lebih lambat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Namun, perlu diingat, jangan makan secara berlebihan. Makan melebihi porsi normal berisiko menyebabkan lemas, perut kembung, hingga peningkatan berat badan.

  • Cukupi kebutuhan cairan

Cukupilah kebutuhan minum air mineral kurang lebih sebanyak 2–3 liter atau 8 gelas setiap harinya.Tubuh yang terhidrasi tentunya akan membuatmu lebih fit dan berenergi selama puasa.

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa, kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan menggunakan rumus 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas di waktu sahur.

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.