Politisi Muda Golkar, Dito Arietedjo Akan Dilantik Jadi Menpora

Dito Ariotedjo akan dilantik menjadi Menpora oleh Presiden Joko Widodo (Sumber: Instagram @ditoariotedjo)

LINTAS7NEWS.COM – Hari ini (03/04), Presiden Joko Widodo akan melantik Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) baru. Calon Menpora ini bernama Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau lebih dikenal Dito Ariotedjo.

Lalu siapa Dito Ariotedjo?

Dito Ariotedjo yang sering disapa Dito ini dikenal sebagai tim ahli di Kementerian Koordimator Bidang Perekonomian. Ia pun juga cukup aktif di dalam dunia olahraga dan merupakan Chairman Rans Nusantara FC. Di usianya yang masih muda yakni 32 tahun, Dito bersama artis Raffi Ahmad adalah pembentuk Rans Sport.

Jauh sebelum karirnya saat ini, Dito ternyata memulai karirnya sebagai pebisnis. Ia memulai bisnis di bidang energi dan pertambangan. Dito sendiri diketahui merupakan anak eks bos PT Antam (Persero) Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo.

Kemudian, di 2010 Dito membangun bisnis di bidang teknologi yakni startup Grupara, ia juga sempat memiliki coworking space. Namun usaha yang dia bangun itu banyak sumber mengatakan sudah tak lagi beroperasi.

Selain malang melintang di dunia bisnis, ia juga mulai bergabung ke dunia politik. Dito bergabung ke partai Golkar pada 2016 silam. Tak sampai di situ, dia juga masuk dalam dunia pemerintahan. Sejak 2022, ia merupakan staf ahli di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di bawah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pada tahun 2018, diketahui ia pernah dipercaya berkontribusi dalam perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina. Kepercayaan itu diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olimpiade Indonesia. Saat itu dia tunjuk sebagai Chef de Mission atau Ketua Kontingen Indonesia.

Selain sebagai Chairman Rans Nusantara FC, klub sepak bola milik Raffi Ahmad, ia juga menjabat sebagai Chairman RANS PIK Basketball. Jadi, memang cukup aktif di bidang olahraga.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Informasi pelantikan itu didapat dari sumber detikcom. Pelantikan akan diumumkan hari ini pukul 16.00 WIB.

Dito Ariotedjo sendiri memang menjadi salah satu nama yang diusulkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto ke Jokowi. Hal itu diungkap oleh Politikus Partai Golkar Muhamad Fauzi.

Fauzi menyebut ada 3 nama disetor ke Jokowi. Selain Dito, nama yang diusulkan Ilham Permana dan Putri Komarudin.

“Kebetulan saya baru datang dari Dapil tadi pagi, saya belum dapat informasi. Yang saya dapat informasi dari media itu, 3 nama itu yang didorong. Ada Putri, ada Ilham, satu lagi Dito. Nah, tiga nama itu. Biar Presiden nanti memilih,” kata Fauzi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3/2023).**

(RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.