Bupati Hadiri Getih Getah Gula Kelapa

BLITAR-Pelataran Candi Simping yang wilayah Kecamatan Kademangan mendadak ramai Minggu 17/11. Ribuan warga berbondong-bondong menyaksikan acara bertajuk getih getah gula kelapa. Acara dihadiri orang nomor satu di Kabupaten Blitar Rijanto.

Kegiatan yang dimeriahkan dengan tarian kolosal menggambarkan tentang Blitar, Majapahit, dan Nusantara. Tidak hanya warga yang antusias menyaksikan, Bupati Rijanto juga terlihat menikmati pertunjukan ini. “Saya sangat mengapresiasi pertunjukkan semacam ini. Mudah-mudahan ini terus digelar rutin, karena ini selain mengedukasi juga menghibur masyarakat,” ungkap Rijanto.

 Candi Simping sendiri, lokasi yang digunakan untuk pertunjukkan merupakan tempat dicandikannya Raden Wijaya. Raja pertama Majapahit yang bergelar Kertarajasa Jayawardana ini konon disebut proklamator nusantara. “Semoga nusantara mendapat berkah aman dan tentram,” imbuh Bupati Rijanto dalam sambutannya.

 Acara yang sudah ketiga kalinya ini digelar oleh seniman dan budayawan Desa Sumberjadi, Kecamatan Kademangan. Getih Getah Kula Kelapa kali ini mengambil tema cucuk lampah. Tema itu bermakna sebagai awal pintu peradaban mewujudkan adanya pusat kajian Majappahit dan peradaban nusantara. (mha/yog)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.