BLITAR-Sebanyak 167 calon kepala desa (kades) terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkades) serentak di Kabupaten Blitar dilantik. Bupati Blitar Rijanto melantik mereka di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Jumat 13/12.

Jajaran forkopimda, kepala OPD turut hadir dalam acara yang berlangsung mulai pagi tersebut. Mengenakan seragam warna putih, para kades yang akan dilantik tampak kidmat mengikuti rangkaian acara.

Rijanto menyampaikan beberapa pesan dan harapannya dalam acara pelantikan itu. Setelah dilantik, para kepala desa diharapkan bisa amanah menjalankan jabatan yang diemban. “Saya wanti-wanti agar jangan ada niat sekecil apapun, mengambil dana desa untuk kepentingan pribadi,” ujar Rijanto.

Selain itu, lanjut Rijanto, para kades diminta lebih bijak dalam mengoprasikan dana desa. Kades baru lekas melaksanakan konsolidasi dengan jajaran desa. Tujuannya agar pemerintahan desa   langsung beroprasi meski kepala desa sedang mengalami transisi.

Harapan juga keluar dari Kepala Bakesbangpol Kabupaten Blitar, Dicky Combandono. “Harapan kita (Pemerintah Daerah) kepala desa dapat membawa masyarakat Kabupaten Blitar lebih sejahtera” ujar DIcky.  Sama dengan amanat Bupati Blitar, Dicky juga memberi pesan agar lekas merapat ke desa. Dengan harapan agar roda pemerintahan desa segera lekas berjalan sesuai schedule rencana pemerintah. Pelantikan kades se-Kabupaten Blitar ini merupakan hasil dari pilkades serentak 15 Oktober lalu. (bar/yog/hms)