Waspadai Ancaman DBD, Bersihkan Lingkungan

TULUNGAGUNG – Dinas Kesehatan Tulungagung mengimbau kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat saat memasuki musim penghujan. Terutama waspada terhadap ancaman demam berdarah dengue (DBD) yang marak di saat musim hujan.

Didik Eka, Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Tulungagung menuturkan, ada dua jenis penyakit yang harus diwapadai oleh masyarakat. “Yang paling utama itu DBD, karena perkembang biakan nyamuk aides aegypti akan sangat pesat. Lalu yang kedua yaitu leptospirosis, itu akibat air kencing hewan utamanya tikus” tutur Didik yang ditemui di kantornya 13/12.

Untuk mengendalikan DBD, pihaknya akan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Fokus utamanya yaitu memusnahkan building place dari nyamuk itu sendiri. Ditujukan agar nyamuk – nyamuk sulit untuk berkembang biak. “PSN itu yang paling efektif ya di tempat-tempat sarang nyamuk yang airnya menggenang di tempat yang ada kontainernya. Contoh bak mandi atau wadah plastik yg tergenang air” tuturnya. Program PSN yang dilakukan dinas kesehatan tidak bisa efektif untuk mencegah DBD jika masyarakat Tulungagung tidak peduli dengan lingkungannya sendiri. “Ya itu semua balik lagi ke masyarakat, kalau mereka peduli lingkungan, penyakit DBD itu pasti bisa dikendalikan. Minimalnya diperhatikan tempat tempat yang ada air menggenang,” ungkap Didik. (sir/yog)

Bagikan Melalui