Harga Stabil, Stok Bahan Pangan Juga Aman

TULUNGAGUNG – Tidak ada kenaikan harga komoditas jelang hari Natal dan tahun baru. Disperindag Tulungagung mengungkapkan hanya ada beberapa kenaikan harga, yakni cabe rawit, bawang merah dan cabe merah besar.

Didik Sulaksono, Kabid Perdagangan Disperindag Tulungagung mengaku kenaikan itu tidak berpengaruh pada komoditas lain.  Untuk cabe rawit dari harga Rp 29.000 menjadi Rp 31.000, bawang merah Rp 23.700 menjadi Rp 26.000, cabe merah besar kriting  Rp 23.350 jadi Rp 25.000. “Cuma naik sekitar 8% aja” ungkapnya.

Sementara itu, untuk kesediaan stok bahan pangan di pasar – pasar masih mencukupi. Bukan hanya itu, pihaknya juga memantau ketersediaan LPG hingga galon air  aman dan bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga. “Kami sudah koordinasi dengan bulog, untuk bahan pangan stoknya aman. Kami juga pantau LPG dan galon air, stoknya juga masih bisa memenuhi kebutuhan,” imbuhnya. Didik mengungkapkan, hari natal dan tahun baru itu berbeda dengan hari raya lebaran. Jadi tren kenaikan harga masih didominasi di hari raya dibanding hari natal dan tahun baru. “Dua minggu lagi kan pergantian tahun. Biasanya kalau harga naik itu 2 minggu sebelumnya. Jadi kalau ini,” tutupnya. (sir/yog)

Bagikan Melalui