Stop Pemeliharaan, PLN Pastikan Tak Ada Pemadaman

TULUNGAGUNG – PLN Unit Tulungagung memastikan distribusi listrik di semua sektor aman selama libur Natal dan Tahun Baru 2020. Selain tidak akan ada pemadaman, mereka juga memberhentikan pemeliharaan jaringan agar suplai listrik terpenuhi.

Manager Unit PLN Tulungagung Timbar Imam membeberkan, pihaknya telah diundang Polres Tulungagung terkait suplai listrik selama natal hingga tahun baru. Dia memastikan selama natal dan tahun baru tidak akan ada pemadaman. Yang artinya suplai listrik akan terus terpenuhi. “Kami pastikan suplainya aman untuk natal hingga tahun baru” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya mengaku sudah memberhentikan pemeliharaan jaringan yang bersifat korektif. Pemeliharaan yang bersifat prefentif tetap dilakukan guna mengamankan jaringan listrik. “Pemadaman yang sifatnya pemeliharaan sudah kami stop,” imbuhnya.

 Dan jika sewaktu-waktu ada pemadaman, itu bukan pemadaman yang disengaja. Namun hal itu disebabkan gangguan alam. Menurut Timbar, gangguan dari alam akan membuat pemadaman secara tiba-tiba. Seperti hujan angin yang membawa material asing dan akhirnya tersangkut di jaringan kabel listrik dan mengakibatkan kerusakan jaringan. “Kalau terjadi demikian, harus mematikan arus listrik  guna mendapatkan pemeliharaan prefentif,” tambahnya.

Timbar menegaskan, pihaknya akan memberikan suplai listrik lebih di titik vital. Utamanya di bagian kota yang basisnya pelayanan. Jika biasanya hanya ada satu penyulang, akan diberikan dua penyulang. “Kemarin sudah diundang ke polres untuk kesiapannya jelang natal dan tahun baru. rumah sakit, polres, pemkab saya pastikan akan disuplai beberapa penyulang,” kata Timbar. (sir/yog)