Viral Sungai Tercemar di Blitar hingga Sebabkan Ikan Mati

BLITAR-Penampakan Sungai Genjong yang tercemar dalam beberapa video di media sosial hari ini viral. Sungai yang terletak di Desa Genjong, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, tersebut diduga mengalami perubahan warna dan berbau setelah melewati pabrik Peternakan Sapi Susu PT. Grenfield.

Melalui postingan di komunitas grup facebook Info Cegatan Blitar (ICB), seorang pemilik akun bernama Kakung Mas Mbarep, Kamis 23/1, menyebarkan beberapa foto dan video tentang kondisi terakhir yang terjadi di sungai Genjong. Dalam  video berdurasi sembilan detik  itu, terlihat sungai berwarna coklat.

Sementara itu, melalui postingan video yang diupload Rabu 22/1 oleh pemilik akun facebook bernama Pakde Kayun, memperlihatkan dampak aliran sungai yang diduga dilewati oleh limbah kotoran sapi. “Pulang kerja melihat pemandangan tidak enak, ikan mati setelah terkena limbah kotoran sapi” papar akun Pakdhe Kayun (red).

Humas Polres Blitar Bripka Didik Dwi mengklarifikasi bahwa pada hari Rabu 22/1 Polres Blitar telah melakukan investigasi di lokasi yang tercemar. “Baru survey (kepekatan kandungan air sungai), kemarin kalau gak salah” papar Didik. Kedepan, Polres Blitar rencananya masih akan mendalami investigasi atas laporan itu. (bar/yog)