Pasangan Purnawan Buchori-Indri Koeswati Serahkan Syarat Dukungan ke KPU

BLITAR-Pasangan bakal calon peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar 2020 melalui jalur perseorangan alias independen Purnawan Buchori- Indri Koeswati mendaftar ke KPU setempat, Sabtu (22/2). Pasangan yang datang sama-sama mengenakan busana atasan putih berkombinasi bawahan hitam ini menyerahkan berkas 13.224 dukungan dari masyarakat.

Mantan Wakil Wali Kota Blitar 2010-2015 ini tiba di kantor KPU Kota Blitar pukul  10.00 bersama Indri Koeswati serta puluhan simpatisan. “Kami menyerahkan berkas dukungan berupa blangko B1 yang ditempeli fotokopi pendukung sebanyak 13.224 dukungan.  Jumlah ini kelebihan hampir 2.000 dukungan sesuai syarat minimal,” papar Purnawan ditemui usai mendaftar.

Setelah menerima berkas dukungan Purnawan-Indri, KPU bakal melakukan penghitungan untuk vertifikasi faktual. Agenda itu akan dilaksanakan sejak diterima berkas dukungan bakal calon.  Purnawan Buchori optimis hasil rekapan tersebut sudah tepat. Pasalnya, dukungan berupa fotokopi KTP dan form itu kehendak warga sendiri mendukung dirinya.  “Kami sangat yakin bahwa dukungan yang diberikan ini kualitasnya sangat bagus. Dukungan ini alamiah. Saat tim kami gerilya, manakala ada yang tidak mau mendukung ataupun menanyakan sesuatu, langsung kami tinggal,” ujar Purnawan.

Purnawan Buchori usai serahkan berkas dukungan di KPU

Soal kenapa maju melalui jalur independen? Purnawan menjelaskan bahwa hal itu sesuai dengan jargonya, yakni maju pilkada lantaran didukung masyarakat Dia juga menilai maju melalui jalur partai akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

“Kita semua tahu,  kalau lewat partai itu rekomnya memang tidak murah. Kalau  lewat partai, ibaratnya kalau bahasa jawanya orang mikir ‘golek balen’ kami tidak punya niat untuk itu,” sebut Purnawan.

Karena itu, dia sangat berharap berkas dukungan yang sudah diserahkan ke KPU dalam pemilu kali ini suara tidak dieliminasi. Sebab, dukungan itu riil dari masyarakat . “Harapan kami, kemurnian dukungan itu terbawa sampai ke vertifikasi faktual. Dan bahkan sampai ke bilik suara, karena ini murni  keinginan rakyat,” pungkas pria murah senyum ini.

Sementara, KPU Kota Blitar langsung melakukan pengecekan jumlah berkas yang dibawa pasangan Purnawan-Indri. “Hari  ini kita menerima bakal pasangan calon perseorangan. Jadi prosesnya tadi sudah kita cek mulai dari awal, kita cek jumlah berkasnya dan diregistrasi. Sekarang proses pengecekan jumlah dukungan minimal, jumlah sebaran, termasuk kesesuaian  B1,” beber  Ketua  KPU Kota Blitar Khoirul Umam. (bar/yog)   

Bagikan Melalui