Tahapan Haji di Tulungagung Jalan Terus

TULUNGAGUNG – Tahapan pelaksanaan haji di Tulungagung jalan terus di tengah merebaknya pandemi COVID-19 di tanah air.  Sedikitnya, 1.036 Calon Jamaah Haji harus melakukan pelunasan BPIH (Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji) tahap pertama, untuk tahun 2020 ini.

Mengacu informasi website Kemenag RI, pelunasan BPKH bakal dimulai sekitar 19 Maret esok. “Kita mengacu dari website Kemenag seperti itu, sekitar tanggal 19 Maret,” papar Imam Saerozi, Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Tulungagung, Selasa (17/03).

Sementara itu, meski pelaksanaan umroh ditunda secara nasional. Namun, menurut Saerozi untuk jadwal tahapan dan pelaksanaan ibadah Haji, tetap berlaku seperti biasanya. “Kalau untuk pelunasan biaya dan tahapan tidak ada yang terpengaruh virus corona. Saat ini sedang pembinaan petugas kloter selama 10 hari di Surabaya,” terangnya.

Saerozi menambahkan, salah satu catatan dalam pelunasan BPIH tahap I yang merupakan untuk CJH reguler, harus memiliki surat keterangan sehat dari dinas kesehatan. “Soal kesehatan itu penting, harus menyertakan surat keterangan sehat atau istito’ah dari dinkes. Kalau tidak ada itu, ya tidak bisa melunasi dan tidak bisa berangkat,” jelasnya. (sir/yog)

Bagikan Melalui