Tulungagung Tambah Dua Pasien Positif COVID-19

Bambang Triono

TULUNGAGUNG – Dua wanita asal Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung dinyatakan positif/confirmed terjangkit COVID-19 pada Kamis (09/04). Kedua kasus tersebut memiliki kontak erat dengan pasien pertama yang dinyatakan positif dan telah sembuh.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Tulungagung Bambang Triono menjelaskan, kedua wanita ini memiliki hubungan keluarga dengan pasien pertama yang terpapar sepulang umroh. Sebelumnya, keduanya sudah dirawat di rusunawa IAIN Tulungagung dengan status pasien orang tanpa gejala (OTG) dengan kondisi yang sehat.

Bambang mengaku, setelah mengetahui keduanya memiliki kontak erat dengan pasien pertama. Pihaknya langsung melakukan rapid test kepada keduanya dengan hasil positif. Setelah itu, mereka langsung dirujuk ke Puskesmas Bangunjaya guna jalani swab. Sembari menunggu hasil swab Balitbangkes Kemenkes RI, kedua pasien tersebut diisolasi di rusunawa IAIN Tulungagung hingga sekarang. Meski dinyatakan sebagai pasien OTG, namun tim medis tetap melakukan perawatan kepada keduanya hingga hasil swab negatif.

 “Keduanya pernah berhubungan dengan pasien pertama. Namun tak menunjukkan adanya gejala COVID-19. Akan tetapi hasil swab positif,” jelas Bambang Triono, Kamis (09/04).

Sementara itu, guna memutus penyebaran virus corona oleh kedua pasien. Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Tulungagung akan segera melakukan tracking terhadap siapa saja yang sudah melakukan kontak dengan keduanya. “Kalau kemarin kita fokus ke siapa saja yang sudah kontak dengan pasien pertama. Kini kita sberalih ke siapa saja yang sudah kontak dengan kedua pasien ini,” jelasnya menutup.(sir/yog)

Bagikan Melalui