Jerman Desak Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Untuk Rusia Atas Dugaan Keracunan Alexei Navalny

Jakarta – Dilansir dari CNNIndonesia.com Jerman menyerukan Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia atas dugaan keracunan yang menimpa Pemimpin Oposisi Kremlin, Alexei Navalny.

“Saya yakin tidak aka nada lagi sanksi,” kata Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, kepada t-online dalam sebuah wawancara pada Sabtu (3/10).

“Sanksi harus selalu tepat sasaran dan proporsional. Tapi, pelanggaran berat terhadap Konvensi Senjata Kimia Internasional tidak dapat dibiarkan begitu saja. Dalam hal ini, kami bersatu di Eropa,” tambahnya, seperti dikutip dari The Hill.

Saat ini, Jerman menjabat sebagai presiden Uni Eropa. Para pemimpin Uni Eropa diharapkan mengumumkan tanggapan mereka terhadap kasus keracunan tersebut pada pertemuan puncak berikutnya yang dimulai 15 Oktober mendatang.

“Jika hasil laboratorium Jerman, Swedia, dan Prancis telah dikonfirmasi, maka akan ada tanggapan jelas dari Uni Eropa. Saya yakin tentang itu,” kata Maas.

Kasus itu diyakini terjadi atas perintah Moskow. Alexei Navalny pertama kali jatuh sakit pada Agustus lalu setelah ia diyakini meminum teh yang sudah dicampur racun. Penggunaan racun kerap digunakan di masa lalu oleh pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin untuk melawan kritik vokal.

Awalnya, Kremlin melarang Navalny meninggalkan Rusia. Namun, akhirnya Kremlin menyerah pada tekanan internasional dan mengizinkanya menerima perawatan di Berlin. Navalny diracuni dengan zat saraf Novichok dan kini ia sudah keluar dari rumah sakit. Sebelumnya, zat itu juga pernah digunakan dalam percobaan pembunuhan mantan mata-mata Rusia di Inggris dan juga diyakini di bawah perintah Moskow.

Kasus Navalny ini menuai kecaman di seluruh negara barat, termasuk dari beberapa anggota parlemen di Washington.

(CNN/ZA)

Bagikan Melalui