Hindari Isi Bensin Kendaraan Saat Tangki SPBU Diisi

Lintas7news.com  – Pemilik kendaraan harus paham dampak isi bensin bersamaan dengan truk tangki yang sedang mengisi atau setelah mengisi tangki SPBU. Kotoran yang masuk ke tangki BBM kendaraan bisa memengaruhi performa mesin.
Tangki SPBU juga memiliki endapan atau biasa disebut lumpur sama halnya dengan tangki bahan bakar kendaraan. Endapan tersebut akan naik saat truk tangki sedang melakukan pengisian ulang.

Mengutip Honda, endapan dalam tangki SPBU berpotensi mengalir masuk ke dalam tangki bahan bakar kendaraan.

Maka dari itu pada saat mengisi ulang tangki SPBU, umumnya operasional dispenser akan dihentikan sampai pengisian selesai. Ini butuh waktu beberapa saat untuk menunggu kotoran pada bahan bakar itu turun baru setelah itu didistribusikan ke konsumen pengguna kendaraan.

Tetapi ada beberapa faktor yang bisa membuat SPBU tidak menghentikan operasional, antaranya yaitu saat kondisi filter dan banyaknya endapan di dalam tangki.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Kita bisa saja tidak mengetahui kondisi tersebut. Sebab itu sebaiknya kita menghindari isi bensin bersamaan dengan truk tangki yang sedang melakukan pengisian ulang.

Ada cara lain untuk menghindari agar endapan tidak masuk ke tangki BBM kendaraan dengan cara bertanya ke operator SPBU “apakah tangki baru saja diisi atau tidak”.

Jika iya, tanyakan berapa lama batas aman untuk menunggu sampai kotoran kembali mengendap di dalam tangki SPBU.

Motor Isi Pertamax bercampur lumpur
Pengguna motor mengeluh saat tunggangannya mendadak bermasalah yang diduga diakibatkan akibat menggunakan bahan bakar Pertamax.

Cerita ini bermula saat ia membeli bahan bakar dengan kadar RON 92 tersebut di salah satu SPBU Pertamina pada 27September untuk diisi ke motornya, Yamaha Nmax produksi 2017. Keesokan harinya ia menggunakan motor tersebut untuk aktivitas seperti biasa.

Dalam perjalanan, motor mengeluarkan tanda-tanda aneh. Mesin motor kerap mati, sedangkan saat hidup tenaga motor. Kejadian itu terjadi berulang saat perjalanan.

Motor itu kemudian dibawa ke bengkel untuk dikuras dan bensin dipindah ke wadah, baru terlihat air dan kotoran menyerupai endapan lumpur pada Pertamax. Kotoran itu berada di bagian bawah bahan bakar.

Ia mengaku jika ini menjadi pengalaman pertama setelah belasan tahun menggunakan Pertamax.

Sejauh ini belum diketahui pasti mengapa begitu banyak kotoran yang masuk pada tangki bahan bakar motor tersebut.

(CNNIndonesia/NB)




Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.