Contoh Kultum Singkat Cocok untuk Bahan Ceramah Ramadhan 2023

Contoh Kultum Singkat Cocok untuk Bahan Ceramah Ramadhan 2023

Contoh Kultum Singkat Cocok untuk Bahan Ceramah Ramadhan 2023

LINTAS7NEWS – Contoh Kultum Singkat Cocok untuk Bahan Ceramah Ramadhan 2023

Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan di mana Allah SWT akan membuka pintu ampunan dengan lebar bagi hamba-Nya.

Dalam rangka menyambut kedatangan bulan mulia tersebut, sudah sepatutnya para umat muslim membangkitkan semangat beribadah.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan ceramah Ramadhan.

Ceramah merupakan metode yang kerap dipilih umat Muslim sebagai cara untuk menyampaikan nasihat di antara khalayak umum.

Nah, berikut contoh ceramah singkat tentang bulan Ramadhan yang indah dan penuh makna.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia.

Selain menjadi bulan suci yang dipenuhi dengan berkah, keutamaan Ramadhan juga sangatlah besar. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa keutamaan Ramadhan serta dalil-dalilnya.

Pertama-tama, Ramadhan adalah bulan di mana Allah SWT memberikan kesempatan kepada umat-Nya untuk beribadah lebih banyak lagi.

Dalam Surah Al-Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban bagi umat Islam, dan tujuan dari puasa adalah untuk mendapatkan taqwa atau ketakwaan kepada Allah SWT.

Kedua, di bulan Ramadhan, pahala dari Allah SWT untuk amal ibadah yang dilakukan oleh umat Islam dilipatgandakan.

Hal ini terdapat dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, di mana Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa melakukan puasa Ramadhan dengan iman dan harapan pahala dari Allah SWT, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Dalam hadis ini, terlihat betapa pentingnya beribadah dengan niat yang tulus dan penuh harapan agar mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Ketiga, di bulan Ramadhan, umat Islam juga dianjurkan untuk bersedekah dan berbuat kebaikan. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 196, Allah SWT berfirman, “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah, jika kamu melakukannya. Akan tetapi jika kamu terhalang, maka (lakukanlah) korban yang mudah. Dan janganlah mencukur rambutmu sebelum korban sampai ke tempatnya sembelihan. Barangsiapa di antara kamu sakit atau ada kelemahan pada kepalanya (kerontokan), maka (tebuslah dengan) puasa atau sedekah atau korban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barang siapa yang memilih berbuat kebajikan (di hari-hari) bulan Dzulhijjah, maka sesungguhnya Allah memberi balasan atas kebajikan itu.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan betapa pentingnya bersedekah dan berbuat kebaikan di bulan Ramadhan.

Terakhir, di bulan Ramadhan, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah malam, seperti shalat Tarawih dan Qiyamul Lail.

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa melakukan shalat malam di bulan Ramadhan dengan iman dan harapan pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat-Nya dan membimbing kita dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini. Amin.**

(OAS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.