PSIS Semarang berhasil mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC dan Liga 1 Indonesia setelah 92 tahun berdiri. Semoga ini membawa kesuksesan bagi klub ke depannya.

PSIS Semarang resmi mengantongi status sebagai klub profesional (Tangkapan layar Google)

LINTAS7NEWS – PSIS Semarang akhirnya resmi mengantongi status sebagai klub profesional untuk pertama kali dalam sejarah berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Club Licensing Committee PSSI.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, merasa gembira dengan keputusan yang telah dirilis secara resmi oleh PSSI melalui rapat Komite Lisensi Klub pada Rabu (15/5/2024) tersebut.

“Alhamdulillah, setelah sekian lama, PSIS dinyatakan memenuhi syarat dan masuk sebagai klub yang memenuhi kriteria untuk tingkat AFC Challenge League dan Liga 1,” ujar Yoyok Sukawi, Kamis (16/5/2024).

“Hal ini juga berarti bahwa PSIS Semarang dinyatakan sebagai klub profesional dan telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh,” Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah itu menambahkan. Selain itu, Yoyok juga menyampaikan apresiasinya untuk seluruh pihak yang telah terlibat dalam mempersiapkan berbagai persyaratan yang digunakan untuk pemenuhan proses club licensing musim 2023/2024 ini.

Sebab, dibutuhkan kerja keras antara personel administrasi, lega, hingga keuangan, untuk dapat memenuhi lima aspek penilaian yang meliputi kriteria olahraga, infrastruktur, personel dan administratif, legal, hingga finansial. Sejak berdiri pada 18 Mei 1932, ini menjadi pertama kali bagi PSIS Semarang bisa mendapatkan status profesional sesuai kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Proses yang dilewati untuk mendapatkannya terhitung panjang. Sebab, Departemen Lisensi Klub PSSI telah mengadakan sebanyak tiga kali seminar atau workshop untuk siklus lisensi 2023/2024.

Yang pertama adalah Club Licensing Educational Programme dengan tema Security Officer Workshop pada 6-8 September 2023. Kedua, Club Licensing Annual Seminar pada 11-13 Desember 2023. Yang ketiga, Club Licensing Educational Programme dengan tema Player Status pada 11-13 Desember 2024.**

(SD/ED)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.