Kunjungan Kehormatan Pertemuan Jokowi dan PM Papua Nugini James Marape di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo dengan hangat menyambut kedatangan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, di Istana Bogor, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo Ketika Berbincang-bincang Bersama Perdana Menteri James Marape (Tangkapan Layar)

LINTAS7NEWS – Presiden Joko Widodo dengan hangat menyambut kedatangan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, di Istana Bogor, Jawa Barat, dalam kunjungan resmi kedua kalinya ke Indonesia.

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, tiba di Istana Bogor pukul 10.00 WIB dan langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo di halaman istana, seperti yang terlihat dari YouTube Sekretariat Presiden.

Sejumlah menteri turut hadir mendampingi Jokowi, antara lain Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Jokowi kemudian memperkenalkan menteri yang hadir kepada James Marape. Sebaliknya, James Marape juga memperkenalkan sejumlah delegasi yang turut mendampinginya kepada Jokowi.

Jokowi kemudian mengajak James Marape menuju ruang teratai untuk berfoto dan mengisi buku tamu bersama. Setelah itu, keduanya melanjutkan ke Veranda Istana untuk berdiskusi santai sambil menikmati pemandangan Kebun Raya Bogor yang terbentang di depan Istana Kepresidenan Bogor.

Baca juga : Kehadiran Lelompok Oligarki Dituding Renggangkan Hubungan Ketum PDIP Megawati dan Presiden Joko Widodo

Setelah dari veranda, Jokowi dan James Marape akan melanjutkan dengan pertemuan bilateral di ruangan oval. Diketahui bahwa telah terjalin sejumlah kerja sama antara Indonesia dan Papua Nugini. Pada Mei 2024 lalu, kedua negara telah menandatangani setidaknya 2 kerja sama di Jayapura, Papua.

Pertama, kesepakatan kerangka kerja sama pembangunan dan teknis telah disepakati. Kedua, kerja sama dalam pelatihan untuk peningkatan kapasitas diploma karir menengah juga telah dijalin antara Indonesia dan Papua Nugini.

James Marape pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 2022. Saat kunjungan pertamanya, acara dimulai dengan upacara penyambutan resmi dan kegiatan penanaman pohon bersama untuk memperingati kunjungan tersebut.**

(zs)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.