Deteksi Dini Diabetes : Apakah Luka Hitam di Kaki Pasca Digaruk Menjadi Pertanda Awal?

Ilustrasi Garuk-garuk Kaki.

Ilustrasi Garuk-garuk Kaki. (tangkapan layar).

LINTAS7NEWS – Pertanyaan Dokter, akhir-akhir ini saya sering buang air kecil di malam hari dan terus merasa lapar serta haus, meskipun sudah makan dan minum cukup. Apakah ini bisa menjadi gejala masalah kesehatan yang perlu diperhatikan?

Saat saya menjalani tes, ternyata saya terdiagnosa dengan diabetes. Selain itu, saya mengalami gatal di kaki yang akhirnya meninggalkan bekas seperti luka hitam dari garukan. Apakah ini tanda dari diabetes kering, Dok?

Berikut beberapa tanda klasik diabetes yang bisa muncul:

  1. Poliuria – sering buang air kecil
  2. Polidipsi – sering merasa haus dan minum dalam jumlah yang banyak
  3. Polifagia – meningkatnya rasa lapar dan keinginan untuk makan dalam jumlah besar
  4. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan secara jelas

Untuk mengonfirmasi diagnosis diabetes, diperlukan beberapa tes laboratorium seperti gula darah puasa, gula darah setelah beban glukosa, gula darah sewaktu, dan HbA1c. Tes ini penting untuk menetapkan diagnosis yang akurat dan merencanakan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Gejala-gejala yang disebutkan bisa merupakan tanda-tanda diabetes dengan komplikasi pada pembuluh darah, seperti ujung jari yang menghitam atau luka yang sulit sembuh. Konsultasikan segera dengan dokter untuk penanganan yang tepat dan pencegahan komplikasi lebih lanjut.

baca juga : Akibat Penyakit Diare, Ternak Warga di Lereng Ile Lewotolok Mendadak Mati

Pada dasarnya, dalam konteks medis, istilah “diabetes kering” atau “diabetes basah” tidak digunakan untuk menggambarkan kondisi penyembuhan luka pada penderita diabetes. Istilah yang tepat untuk menggambarkan kondisi di mana jaringan mengalami kematian karena kurangnya aliran darah atau infeksi pada penderita diabetes adalah gangren. Gangren merupakan komplikasi serius yang perlu diwaspadai dan ditangani dengan segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada jaringan tubuh.

Gangren adalah kondisi di mana terjadi kematian jaringan akibat kurangnya suplai oksigen yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Hal ini menyebabkan perubahan warna jaringan yang terkena menjadi gelap atau hitam. Gangren dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh, termasuk ujung jari, kaki, atau bahkan organ dalam, dan merupakan komplikasi serius yang memerlukan perhatian medis segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut atau bahkan amputasi.**

(sd)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.